Hagia Sophia

13 January 2023

Bila Koloni Mars Terwujud, Apa yang Terjadi Bila Meninggal dalam Perjalanan?

Foto: Ilustrasi tinggal di Mars/Reuters

Kita pada umumnya tahu apa yang akan dilakukan orang yang masih hidup pada tubuh kita ketika meninggal di Bumi. Namun jika koloni manusia Bumi di Mars terwujud, pernahkah terpikir apa yang terjadi jika kita meninggal di luar angkasa, Mars, atau dalam perjalanan ke Mars?

Pertama, sebenarnya tidak ada protokol resmi tentang apa yang terjadi pada tubuh kalian saat mati di luar angkasa. Namun menurut NASA, keputusan akan dibuat bersama antara pimpinan NASA, mitra internasional, dan pihak operasi penerbangan.

Menurut astronaut dan mantan komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional Chris Hadfield, badan antariksa diajari dan menjalankan simulasi jika terjadi kematian di luar angkasa.

"Jika seseorang meninggal saat berada di EVA (Extravehicular activity/kegiatan di luar kendaraan luar angkasa), saya akan membawa mereka ke dalam airlock terlebih dahulu," kata Hadfield tentang kesimpulannya dari latihan simulasi tersebut, dikutip dari IFL Science.

"Saya mungkin akan menahan mereka di dalam pakaian bertekanan yang mereka kenakan. Tubuh sebenarnya membusuk lebih cepat dalam pakaian antariksa, dan kami harus mencegah bau daging busuk atau gas buang itu menjalar ke mana-mana, karena itu tidak sehat. Jadi kami akan tetap menyimpannya dalam baju luar angkasa dan menyimpannya di tempat yang dingin di stasiun luar angkasa," paparnya.

Di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), masalah ini mungkin dapat ditangani dengan relatif cepat. Terdapat penyimpanan sementara yang lebih dingin di ISS. Tetapi pada misi yang berlangsung lebih lama, katakanlah ke Mars, solusi lain diperlukan.

Kita bisa saja membuang tubuh ke luar angkasa, mengubah jasad menjadi puing-puing luar angkasa yang berpotensi berbahaya. Namun perlu diketahui, cara ini sebenarnya bertentangan dengan perjanjian mitigasi puing-puing luar angkasa PBB, dan berpotensi mengubah 'pemakaman' luar angkasa yang seharusnya menyedihkan, menjadi insiden internasional.



















Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Apa yang Terjadi Jika Meninggal di Mars?"