Hagia Sophia

13 January 2023

Pengobatan Terkait Chiki Ngebul Ditanggung Siapa? Ini Kata Kemenkes

Nitrogen cair dalam jajanan chiki ngebul (Foto: Getty Images/iStockphoto/manustart)

Sejumlah kasus keracunan nitrogen cair pada jajanan 'chiki ngebul' bermunculan. Terbaru, Kementerian Kesehatan hari ini menerima laporan satu kasus di Jawa Timur dan tengah melakukan investigasi epidemiologis.

Salah satu pertanyaan yang muncul, siapa yang menanggung pembiayaan pengobatan para korban? Pada beberapa kasus, pasien sampai harus dirujuk ke rumah sakit dan menjalani operasi untuk memperbaiki kerusakan pada saluran pencernaan.

Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI Anas Ma'ruf mengatakan, saat ini belum ada mekanisme khusus terkait pembiayaan. Salah satu alasannya, kasus yang muncul masih bersifat sporadis.

"Terkait pembiayaan, karena ini belum ada penetapan KLB (Kejadian Luar Biasa) oleh pemerintah daerah, apalagi setingkat nasional, maka pembiayaan tentu mengikuti pola seperti yang biasa," katanya dalam konferensi pers, Kamis (12/1/2023).

"Apakah menggunakan asuransinya, atau BPJS, atau menggunakan metode yang lain," jelasnya.

Beberapa kasus keracunan nitrogen cair pada jajanan chiki ngebul yang dilaporkan antara lain:

Juli 2022
Sebanyak 1 kasus dilaporkan di Ponorogo, pada anak yang mengonsumsi ice smoke di Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis. Pasien mengalami luka bakar.

November 2022
UPTD Puskesmas Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya menerima laporan 23 kasus keracunan pangan. Sebanyak 1 kasus dirujuk ke rumah sakit, sedangkan 6 kasus hanya menjalani perawatan di puskesmas. Sisanya, tidak bergejala.

Desember 2022
UGD Rumah Sakit Haji Jakarta Timur menerima pasien anak dengan keluhan nyeri perut hebat setelah mengonsumsi chiki ngebul.

Januari 2023
Satu kasus diduga mengalami keracunan chiki ngebul di Jawa Timur. Kementerian Kesehatan tengah melakukan investigasi epidemiologis.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Keracunan Chikbul, Pengobatan Ditanggung Siapa? Ini Kata Kemenkes RI"