Hagia Sophia

21 March 2023

Beberapa Cara untuk Atasi Asam Lambung Tanpa Obat

Asam lambung atau maag adalah kondisi yang cukup umum, namun dapat menimbulkan rasa sakit yang menyiksa. (Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay)

Asam lambung naik adalah permasalahan yang sangat umum dialami masyarakat. Dalam sejumlah kasus, kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman hingga rasa sakit yang cukup menyiksa.

Saat mengalami asam lambung naik, umumnya orang akan merasakan kembung, mual, hingga nyeri pada ulu hati. Tak hanya rasa sakit pada area perut, asam lambung juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Menurut dr Jacqueline Wolf, ahli gastroenterologi dan profesor kedokteran di Harvard Medical School, terdapat tiga faktor utama yang dapat memicu asam lambung, dikutip dari Harvard Health Publishing.

Faktor-faktor tersebut meliputi pembersihan makanan atau asam dari esofagus yang kurang baik, terlalu banyak asam yang menumpuk di lambung, dan lambung yang kosong terlalu lama.

Sebelum mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan asam lambung, perubahan dalam gaya hidup dan pola makan juga dapat membantu mengatasi penyakit ini.

Berikut adalah sejumlah cara untuk atasi asam lambung tanpa obat-obatan.

1. Makan secukupnya dan perlahan

Ketika perut terlalu penuh, tubuh akan lebih rentan terhadap asam lambung. Untuk menghindari hal tersebut, dapat mencoba teknik 'grazing', yaitu makan dengan porsi yang lebih sedikit, namun dengan frekuensi yang lebih sering.

2. Hindari makanan tertentu

dr Jacqueline Wolf menyebutkan sejumlah makanan yang perlu dihindari oleh para pengidap asam lambung, antara lain: kopi, teh, makanan pedas, makanan berminyak, makanan berlemak, cokelat, alkohol, dan bawang.

3. Hindari minuman karbonasi atau bersoda

Minuman bersoda dapat memicu meningkatnya asam lambung. Sebagai gantinya, lebih baik mengonsumsi air mineral biasa dibandingkan minuman yang mengandung soda.

4. Berikan jarak antara makan dan jam tidur

Ketika berdiri ataupun duduk, gravitasi sendiri dapat membantu menjaga posisi asam tetap terjaga dalam perut. Berikan jarak antara waktu makan dan tidur setidaknya tiga jam. Artinya, hindari tidur siang setelah jam makan siang dan makan atau cemilan-cemilan di tengah malam sebelum tidur.

5. Jangan bergerak terlalu cepat

Hindari olahraga atau aktivitas fisik selama beberapa jam setelah makan. Aktivitas fisik yang terlalu banyak setelah makan dapat memicu naiknya asam lambung ke esofagus.

6. Tidur dengan tempat yang meningkat

Secara ideal, kepala seharusnya berada sekitar enam sampai 8 inci lebih tinggi dibandingkan kaki. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan bantal yang sedikit lebih tinggi.

7. Turunkan berat badan bila dibutuhkan

Berat badan yang berlebih juga dapat memicu kondisi asam lambung karena peningkatan berat badan turut melebarkan struktur otot yang menyokong bagian otot bagian bawah kerongkongan.

8. Berhenti merokok

Selain faktor makanan, faktor gaya hidup juga berpengaruh, seperti salah satunya adalah merokok. Kandungan nikotin di dalamnya dapat turut memicu asam lambung.

9. Periksa obat-obatan yang dikonsumsi

Sejumlah obat-obatan tertentu memiliki efek samping yang dapat menyebabkan iritasi pada esofagus dan dapat memicu asam lambung. Pastikan anda memeriksa efek samping dari obat-obatan yang anda konsumsi agar tidak menimbulkan permasalahan yang tidak diinginkan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Profesor Harvard Bagikan 9 Cara Alami Atasi Maag, Tak Perlu Obat!"