Hagia Sophia

21 March 2023

Kasus Polia di Purwakarta, Anak Usia 4 Tahun Alami Kelemahan Otot Kaki

Muncul lagi kasus polio di RI, kali ini di Purwakarta. Pasien mengalami kelemahan otot kaki hingga kesulitan berjalan. (Foto: istock)

Kasus polio pada anak di RI kembali terjadi. Kini ditemukan satu kasus polio di Purwakarta, Jawa barat. Pasien diketahui berinisial NO berusia 4 tahun.

"Jadi anak itu usianya 4 tahun dari usia 2 tahun itu ada gangguan perkembangan," ucap Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2) Dinkes Jawa Barat dr Rochady Hendra Setya Wibawa, SpOG ketika ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Senin (20/3/2023).

dr Rochady menjelaskan bahwa pasien tersebut sebenarnya sudah menunjukkan gejala sejak berusia 2 tahun. Namun karena ketidakpahaman orang tua, pasien baru diperiksa dan akhirnya diketahui mengalami polio saat berusia 4 tahun. Adapun gejala yang dirasakan pasien saat ini adalah mengalami kelemahan otot kaki.

"Harusnya kan 2 tahun sudah bisa jalan tapi orang tuanya bertanya-tanya, 'kenapa 2 tahun kok belum bisa jalan?'. Jadi kuman ini ternyata sudah ada di anak dari 1 tahun," jelasnya.

"Jadi gejalanya udah di umur 2 tahun ada tapi karena ketidakpahaman keluarga menganggapnya biasa aja lah ini gangguan perkembangan anak di umur 4 tahun mungkin muncul lah si gejala yang lebih parah. Kelemahan otot kaki ya," sambungnya.

Hingga saat ini belum diketahui secara jelas dari mana NO terinfeksi polio. Namun, dr Rochady menjelaskan bahwa saat ini penelitian masih terus dilakukan. Ia pun menambahkan bahwa polio yang ada di Purwakarta berbeda dengan yang ada sebelumnya di Aceh.

"Itu belum tahu juga karena dari hasil sequencing itu didapatkan bahwa tipenya beda sama yang di Aceh. Jadi kita juga nggak tahu dari mana itu ya, masih dilakukan penelitian," pungkasnya.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Muncul Kasus Polio pada Anak di Purwakarta, Pasien Alami Kelemahan Otot Kaki"