Hagia Sophia

21 March 2023

Tips untuk Hilangkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Pernahkah Anda bangun dari tidur dan tiba-tiba merasa sakit tenggorokan hingga terasa sulit menelan? Ada banyak cara menghilangkan sakit tenggorokan yang bisa Anda coba tanpa pergi ke dokter.

Dilansir dari Mayo Clinic, sakit tenggorokan ini mungkin disebabkan oleh virus, bakteri, atau alergi. Penyebab paling sering adalah virus seperti flu.

Jika disebabkan virus, sakit tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya. Sedangkan jika disebabkan bakteri hingga menimbulkan peradangan, maka harus disembuhkan dengan obat medis.

Dalam artikel ini, akan kita ulas 13 cara menghilangkan sakit tenggorokan yang dilansir dari Medical News Today. Cara ini meliputi penanganan dengan bahan herbal maupun obat-obatan.

Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan dengan Alami

Berikut ini cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan bahan alami maupun dengan penanganan di rumah.

1. Minum Air
Minum air adalah cara efektif untuk mengurangi gejala sakit tenggorokan. Minum air membuat kita terhidrasi sehingga tenggorokan tidak kering. Tenggorokan akan semakin sakit ketika kering.

2. Campurkan Madu
Saat minum air, Anda bisa mencampurkannya dengan madu. Madu memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri dan antioksidan sehingga meredakan sakit tenggorokan dan mempercepat pemulihan. Konsumsi madu satu sendok makan dua kali sehari. Namun, jangan berikan madu kepada bayi di bawah 1 tahun.

3. Berkumur Larutan Garam
Berkumur larutan air garam hangat dapat membantu sakit tenggorokan. Campurkan 1-2 sendok teh garam ke dalam cangkir berisi air mendidih. Tunggu hingga menjadi hangat dan pakailah berkumur.

4. Istirahat
Ketika sakit apapun, tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup agar sistem kekebalan tubuh semakin kuat untuk melawan patogen. Waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa rata-rata adalah 7 jam.

5. Hindari Iritasi
Iritasi mungkin menjadi penyebab sakit tenggorokan. Ini meliputi iritasi karena rokok, alkohol, makanan dan minuman asam, serta bahan kimia. Hindari bahan-bahan ini untuk mengurangi risiko sakit tenggorokan.

6. Pakai Humidifier
Udara terlalu kering bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Pakailah humidifier atau pelembab udara di kamar agar udara tidak terlalu kering.

7. Gunakan Herbal Lainnya
Ada beberapa herbal atau bahan alami yang diyakini dapat menghilangkan sakit tenggorokan, misalnya kulit pohon elm, akar marshmallow, akar licorice. Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan herbal ini.

Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan dengan Obat

Jika penanganan di atas tidak juga berpengaruh, artinya Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Gejala yang membuat Anda harus pergi ke dokter, antara lain kesulitan bernafas, kesulitan menelan, air liur atau dahak berdarah, dan dehidrasi.

Berikut ini beberapa obat yang dapat menghilangkan sakit tenggorokan, baik obat tanpa resep, maupun dengan resep.

1. Pelega Tenggorokan
Permen pelega tenggorokan mengandung antiseptik, amylmetacresol dan 2,4-dichlorobenzyl alcohol (AMC/DCBA) yang dapat menenangkan gejala sakit tenggorokan. Pelega tenggorokan atau lozenges ini dapat dibeli tanpa resep dokter.

2. Obat Pereda Nyeri
Jika sakit tenggorokan menyebabkan nyeri, coba gunakan pereda nyeri seperti asetaminofen atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Obat ini bisa dibeli di apotek, namun lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter.

3. Antibiotik
Jika penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri yang membuat peradangan, dokter akan memberikan Anda antibiotik. Antibiotik dapat dibeli dengan resep dokter. Namun jika penyebabnya virus flu, antibiotik tidak akan berpengaruh.

4. Konsumsi Suplemen dan Vitamin
Suplemen dan vitamin dapat membantu tubuh meningkatkan daya tahan untuk melawan penyakit, termasuk sakit tenggorokan. Suplemen dan vitamin ini seperti vitamin D, vitamin C, seng dan echinacea.

5. Minum Antasida
Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh refluks asam atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Obat antasid membantu meredakan gejala refluks asam yang menjadi penyebab sakit tenggorokan.

6. Minum Antihistamin
Sakit tenggorokan yang disebabkan alergi dapat disembuhkan dengan menghilangkan atau menjauhi alergen. Selain itu, Anda bisa minum antihistamin untuk mengurangi gejala akibat alergi.

Nah, itulah tadi 13 cara menghilangkan sakit tenggorokan yang terdiri dari 7 cara alami dan herbal, serta 6 jenis obat resep maupun tanpa resep. Semoga bermanfaat.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "13 Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan dengan Herbal dan Obat yang Ampuh"