Hagia Sophia

21 March 2023

Walau Sudah Sikat Gigi, Mungkin Ini Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Salah satu cara untuk menghindari bau mulut saat berpuasa yaitu menyikat gigi. (Foto: iStock)

Salah satu hal yang sering dialami orang berpuasa adalah bau mulut halitosis. Hal ini disebabkan oleh pelepasan keton, bahan kimia yang diproduksi ketika memecah lemak menjadi energi.

Ketika keton bercampur dengan bakteri di dalam mulut, maka akan menghasilkan bau tidak sedap. Tubuh juga melepaskan lebih banyak keton saat seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Kondisi ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan karena membuat seseorang tidak percaya diri. Salah satu hal yang dilakukan untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa yaitu menyikat gigi.

Namun, ada kalanya mulut masih terasa bau meskipun sudah menyikat gigi. Mengapa demikian?

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Negeri Jember (UNEJ) drg R Rahardyan Parnaadji, MKes, SpPros, menyebut kemungkinan lain penyebab bau mulut yaitu lidah yang kotor. Maka dari itu, ia menyarankan untuk membersihkan lidah ketika berpuasa.

"Lidah kan strukturnya kasar gitu ya, sehingga sisa makanan seringkali juga berkumpul di situ," ujar drg Rahardyan ketika ditemui detikcom di SDN Karet Tengsin 15, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

"Pada saat itulah kadang-kadang kita merasa 'gigi sudah bersih, tetapi kok masih bau?' karena sisa makanan di lidah," lanjutnya.

Cara membersihkan lidah yaitu menyikat permukaan lidah dengan sikat gigi. Kemudian, kumur-kumur untuk menyingkirkan kuman yang tersisa.

Tips Tak Bau Mulut saat Puasa

Selain membersihkan lidah, terdapat sejumlah cara lain untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Di antaranya:

Jangan Merokok
  • Merokok dapat menimbulkan bau tidak sedap. Hindari merokok saat sahur karena bisa menyebabkan mulut menjadi kering sehingga selama berpuasa risiko bau mulut semakin tinggi.

Hindari Makanan Tinggi Gula
  • Mengonsumsi makanan tinggi gula juga bisa membuat seseorang bau mulut saat puasa, dikarenakan ada risiko peningkatan pertumbuhan bakteri di mulut yang bisa memicu napas menjadi tidak segar.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Oh Ternyata Ini Alasan Bau Mulut Saat Puasa Meski Sudah Sikat Gigi"