Hagia Sophia

21 March 2023

Beberapa Tips untuk Obati Radang Tenggorokan

Ilustrasi radan tenggorokan, ini cara mengatasinya. Foto: shutterstock


Radang tenggorokan adalah penyakit umum yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Menurut Centers for Disease Control and Prevention melalui cdc.gov, radang tenggorokan paling umum disebabkan oleh virus.

Meskipun biasanya tidak berbahaya, radang tenggorokan dapat menyebabkan tidak nafsu makan, dehidrasi, dan sulit untuk berbicara yang berujung sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Supaya lekas pulih, berikut beberapa alternatif mengatasi radang tenggorokan

12 Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Dikutip dari Medical News Today, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengobati radang tenggorokan. Mengobati di sini tidak merujuk pada mengatasi atau memulihkan, namun memperbaiki kondisi untuk sementara.

Jika kondisi sudah membaik, pasien bisa segera berkonsultasi ke dokter.

1. Permen pelega tenggorokan (Lozenges)
Permen pelega tenggorokan atau Lozenges dapat membantu untuk meredakan gejala dari radang tenggorokan. Permen jenis ini biasanya banyak dijual di pasaran, baik di supermarket ataupun di apotek.

Cara kerjanya adalah permen larut di mulut, menyebarkan bahan-bahan yang menenangkan tenggorokan kering dan iritasi. Salah satu kandungannya adalah lozanges yang memiliki amylmetacresol dan 2,4 dichlorobenzyl alcohol (AMC/DCBA) yang aman dan efektif untuk meredakan nyeri yang berhubungan dengan radang tenggorokan.

2. Madu
Madu merupakan obat tradisional yang dikenal memiliki banyak khasiat, salah satunya meredakan radang tenggorokan. Berdasarkan penelitian National Journal of Physiology, Pharmacy, and Pharmacology pada tahun 2016, minum madu 2 kali sehari sebanyak 1 sendok makan dapat membantu meredakan rasa sakit tenggorokan.

Penelitian tersebut juga menyebutkan madu mengandung anti inflamasi, anti bakteri, dan anti oksidan yang berfungsi untuk meredakan sekaligus mempercepat pulihnya radang tenggorokan.

3. Minum air hangat
Cara mengobati radang tenggorokan selanjutnya adalah minum air hangat. Air hangan dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman yang timbul akibat radang. Air hangat juga dapat menjaga hidrasi dan melegakan tenggorokan.

4. Obat pereda nyeri
Selain lozenges, obat yang dapat dicoba ketika radang tenggorokan terasa sangat mengganggu adalah obat pereda nyeri. Obat ini dapat berupa acetaminophen atau anti inflamasi nonsteroid (NSAIDs) seperti ibuprofen atau naproxen. Obat ini dapat ditemukan di hampir semua apotek.

5. Kumur air asin
Alternatif lain yang bisa dicoba adalah berkumur dengan air asin. Centers for Disease Control and Prevention menyarankan penggunaan air mendidih yang ditambah 1-2 sendok teh garam untuk membantu mengobati radang tenggorokan.

Air panas sebaiknya ditunggu hingga hangat sebelum digunakan sebagai cara mengobati radang tenggorokan. Bagi yang memiliki penyakit diabetes atau sedang diet rendah sodium, harus berhati-hati dengan cara pengobatan ini.

6. Obat antasida
Radang tenggorokan dapat disebabkan refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Pada kondisi ini, asam lambung baik hingga tenggorokan dan mengakibatkan peradangan.

Jika radang disebabkan GERD, maka obat yang tepat adalah pereda asam lambung atau antasida. Setelah kondisi membaik sebaiknya segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

7. Obat anti histamin
Sakit tenggorokan bisa jadi merupakan gejala dari alergi. Alergi merupakan kondisi dimana sistem imun tubuh mengenali zat yang tidak berbahaya sebagai ancaman.

Bahan penyebab alergi antara lain debu, makanan, serbuk sari, bulu binatang, obat-obatan, dan lumpur.
Cara mengobati radang tenggorokan dalam kondisi ini adalah dengan mengkonsumsi obat antihistamin.

8. Vitamin dan suplemen
Tubuh membutuhkan vitamin untuk melawan penyakit, salah satunya adalah penyebab radang tenggorokan. Mengkonsumsi vitamin dapat membantu mencegah flu biasa dan gejalanya.

Empat suplemen yang penting untuk menjaga sistem imun tetap kuat untuk melawan penyakit diantaranya adalah vitamin D, vitamin c, zinc, dan echinacea. Vitamin dan suplemen dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan mempercepat penyembuhan.

9. Istirahat yang cukup
Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap penyakit, karena mengurangi sistem imun dan produksi anti bodi. Tak heran jika tubuh menjadi lebih rentan terkena radang tenggorokan.

Jika kondisi ini terjadi, maka cara mengobati radang tenggorokan yang tepat adalah istirahat. Tentunya disertai kecukupan konsumsi nutrisi, air putih, vitamin, dan obat sesuai resep.

10. Menghindari penyebab radang
Radang tenggorokan juga dapat disebabkan kebiasaan hidup yang tidak baik misal merokok, minum alkohol, mengonsumsi makanan minuman asam dan pedas. Paparan bahan kimia, seperti yang ada pada produk pembersih, juga terkadang dapat mengiritasi tenggorokan.

Jika ini terjadi, yang harus dilakukan adalah menghindari penyebab radang. Misal berhenti merokok, tidak minum alkohol, dan menerapkan pola hidup sehat. Pasien bisa segera ke dokter untuk membantu pemulihan.

11. Penggunaan humidifier
Beberapa orang sering mengalami sakit tenggorokan karena udara di sekitarnya terlalu kering. Penggunaan humidifier dapat mengubah air menjadi uap dan melepaskannya ke udara, meningkatkan kelembaban.

Dengan meningkatkan kelembaban, udara akan menjadi lebih segar sehingga bisa menjadi alternatif cara mengobati radang tenggorokan. Sehingga, penggunaan humidifier dapat dipertimbangkan untuk mengobati radang tenggorokan Anda.

12. Minum air yang cukup
Saran untuk meminum air yang cukup mungkin terdengar klise, tetapi cara ini adalah cara paling efektif untuk meredakan radang tenggorokan. Dehidrasi seringkali menjadi penyebab tenggorokan sakit dan kering. Sehingga, meminum air yang banyak akan membantu mengatasi dehidrasi ini. Umumnya, orang dewasa wajib untuk meminum air sebanyak 2 liter sehari.

Cara mengobati radang tenggorokan ini tentunya bisa diterapkan sesuai penyebab gangguan. Detikers jangan lupa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya. Semoga sehat selalu.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Mengobati Radang Tenggorokan, Ada Kumur Air Asin"