Hagia Sophia

21 March 2023

Transisi ke Endemi, Luhut: Kasus COVID-19 di Indonesia Terkendali, Tetap Patuhi Prokes

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Luhut Binsar Pandjaitan (dok. YouTube Kemenkes)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus COVID-19 di Indonesia terkendali. Fase pandemi COVID-19 pun telah masuk ke masa transisi endemi. Namun ia meminta masyarakat tetap patuh protokol kesehatan.

"Kita dalam masa transisi dari pandemi, oleh karena itu kita tetap waspada, semua kasus harus tetap dilaksanakan, vaksinasi booster harus tetap dilaksanakan, pemberian obat dan vitamin juga harus tetap dilaksanakan," tuturnya dalam sambutan di PPKM Award, di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

Di samping itu ia menyinggung prokes tetap harus dilakukan menjelang bulan Ramadan agar kasus COVID-19 tetap terkendali. Landainya kasus Corona di bulan Ramadan akan membuat masyarakat lebih nyaman untuk beribadah.

"Peran masyarakat harus terus didorong, untuk menjaga prokotol kesehatan (prokes), apalagi dalam beberapa hari ke depan teman-teman beragama muslim akan masuk bulan suci Ramadan, terkendalinya kasus juga akan memberikan kenyamanan masyarakat untuk menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan ini," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menangani pandemi COVID-19. Selama tiga tahun pandemi berjalan, pemerintah bersinergi untuk mengatasi penyakit mematikan tersebut.

"Dibandingkan dengan rata-rata dunia kita masuk negara yang berhasil menangani COVID-19," ucap Jokowi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Transisi ke Endemi COVID-19, Luhut Minta Warga RI Tetap Patuh Prokes"