Hagia Sophia

30 April 2023

Beberapa Makanan Ini Miliki Rendah Kalori dan Tinggi Protein

Foto: Getty Images/iStockphoto/onairjiw

Pola makan sehat jadi salah satu kunci untuk menurunkan berat badan. Konsumsilah makanan yang rendah kalori tetapi tinggi serat dan protein.

Banyak orang yang telah melakukan berbagai metode diet untuk mencapai berat badan yang ideal. Sebenarnya kunci keberhasilan diet adalah menjalani pola makan yang sehat.

Perlu diketahui bahwa tingginya kalori pada makanan merupakan penyebab berat badan naik. Karenanya pilihlah makanan yang rendah kalori. Tak hanya rendah kalori tapi tinggi akan nutrisi lainnya.

Misalnya tinggi serat dan protein yang sangat dibutuhkan ketika diet. Protein berperan menahan rasa lapar dan serat yang akan berperan melancarkan sistem pencernaan.

Dikutip dari Eat This Not That (20/04/23) berikut 8 makanan yang rendah kalori:

1. Mentimun
Mentimun memiliki kandungan air yang banyak, dalam 100 gram pada mentimun terdapat 95% kandungan air. Selain itu, makanan ini juga rendah kalori yakni hanya 12, seperti yang dikutip dari Studi Nutrisi.

Karenanya mentimun bisa jadi pilihan sebagai makanan rendah kalori yang akan membantu diet kamu. Tak hanya itu, manfaatnya juga dapat menghidrasi tubuh.

2. Blueberry
Blueberry memiliki bentuk yang mungil, meskipun begitu tetapi manfaat kesehatannya sangat besar. Terutama dalam membantu kelancaran diet untuk menurunkan berat badan.

Dalam 100 gram blueberry hanya mengandung 57 kalori. Selain itu, buah berwarna biru keunguan ini juga tinggi akan serat badan protein. Sebuah penelitian menemukan korelasi antara mengonsumsi blueberry dengan penurunan berat badan.

3. Brokoli
Sayuran hijau seperti brokoli juga dikenal sebagai makanan rendah kalori. Dalam 100 gram brokoli hanya terdapat sekitar 34 kalori. Tentu ini bisa membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, brokoli juga dikemas dengan 82 mg vitamin C yang juga berperan untuk menurunkan berat badan. Hal ini telah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Nutrition.

4. Almond
Almond disebut-sebut sebagai camilan sehat yang cocok untuk pelaku diet. Dalam satu porsi almond mengandung hanya mengandung 164 kalori. Itu juga dilengkapi dengan 6 gram protein dan 3,5 gram serat.

Tingginya protein tersebut menjadikan almond sebagai makanan sempurna untuk membantu menahan rasa lapar. Tentu saja ini dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Pir
Pilihan makanan lain yang rendah kalori ada buah pir. Dalam 100 gram buah pir hanya terdapat 57 kalori, seperti yang dikutip dari studi yang diterbitkan melalui Nutrition.

Peneliti menemukan bahwa peserta wanita yang makan 3 buah pir setiap hari mampu mempercepat proses penurunan berat badan mereka dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit pir selama 12 minggu.

6. Kurma
Sebuah uji klinis pada 2020 menemukan bahwa ,makan tiga kurma setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan kalori pada kurma sangat rendah, 100 gramnya hanya terdapat 66 kalori.

Tak hanya itu juga terdapat 2 gram serat yang menjadikan buah ini sangat mengenyangkan ketika dikonsumsi sehingga melancarkan proses diet yang dilakukan.

7. Kacang Polong
Tak hanya kacang almond saja yang rendah kalori, kacang polong pun demikian. Dalam 100 gram kacang polong hanya ditemukan sekitar 81 kalori, dan ini baik untuk pelaku diet.

Selain itu, kacang ini juga dikemas dengan 8 gram serat dan protein. Banyak peneliti yang telah menemukan korelasi antara mengonsumsi kacang polong untuk menurunkan berat badan.

8. Kacang Hitam
Tak ketinggalan ada kacang hitam yang kandungan kalorinya juga rendah. Dalam 100 gram kacang hitam ditemukan 91 kalori. Jumlah tersebut sangat aman terutama untuk pelaku diet.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa kacang hitam bisa membantu kamu untuk mengecilkan ukuran pinggang agar lebih langsung.





























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "8 Makanan Rendah Kalori dan Tinggi Protein Ini Bagus Buat Diet"