Hagia Sophia

30 April 2023

Beberapa Makanan Ini Tidak Dianjurkan Dikonsumsi dengan Teh

Foto: Getty Images/iStockphoto/GMVozd

Minum teh paling enak dengan kudapan gurih atau manis. Ternyata ada beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumi bersamaan dengan teh.

Teh dapat dinikmati baik dalam suhu hangat maupun dingin. Teh juga dipilih sebagai salah satu minuman yang dinikmati untuk bersantai dan menikmati istirahat.

Agar semakin komplet, minum teh juga paling enak ditemani dengan camilan-camilan enak. Banyak orang yang memadukan teh dengan biskuit, kue atau bahkan buah-buahan agar lebih sehat untuk tubuh.

Ternyata perpaduan makanan pendamping teh tak bisa dipilih secara sembarangan. Ada beberapa makanan yang tak cocok jika dipadukan untuk minum teh dan dinikmati ketika bersantai.

Berikut ini 5 makanan yang tak dianjurkan dikonsumsi bersama dengan teh menurut Times of India (27/8):

1. Jus lemon
Perpaduan teh dan lemon memang populer dan nikmat untuk melepaskan dahaga. Rasa teh yang segar dengan lemon yang asam membuat kesegarannya semakin bertambah.

Teh lemon juga dapat dinikmati baik hangat maupun dingin sesuai dengan selera. Tetapi jika teh dan lemon atau buah asam lainnya dikonsumsi terpisah, keduanya tak boleh dinikmati bersamaan.

Jus lemon tidak direkomendasikan untuk diminum tepat sebelum atau sesudah minum teh. Hal ini dikarenakan kadar asam pada lemon dapat memicu kembung.

2. Buah-buahan
Selain sore hari, banyak orang yang juga mengonsumsi teh saat pagi hari. Biasanya konsumen teh saat pagi hari memilihnya sebagai alternatif untuk menggantikan kopi.

Tetapi kebiasaan minum teh saat pagi hari ini dianggap bertentangan dengan kebiasaan sarapan buah saat pagi hari. Teh dan buah-buahan segar ternyata bukan makanan dan minuman yang cocok untuk dikonsumsi berdampingan.

Teh dapat mengganggu penyerapan nutrisi dari buah segar sehingga tubuh tidak akan mendapatkan asupan yang maksimal. Setidaknya butuh jeda waktu antara minum teh dan makan buah sekitar 15-30 menit.

3. Kunyit
Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah yang berkhasiat untuk kesehatan. Kandungan alami pada kunyit dapat mengatasi inflamasi hingga memiliki manfaat antibakteri yang dapat diandalkan guna menjaga tubuh.

Pada beberapa jenis minuman, kunyit dikatakan cocok untuk dipadukan dan dikonsumsi bersama. Misalnya untuk susu dan kopi tetapi ternyata tidak untuk dikombinasikan dengan teh.

Teh memiliki kandungan tanin yang tidak bisa dipadukan dengan kurkumin pada kunyit. Jika kedua komponen ini bertemu, efek sampingnya akan menyebabkan gangguan pada perut dan pencernaan.

4. Sayuran
Sayuran yang tinggi serat, nutrisi dan mineral seolah harus selalu ada dalam setiap waktu makan. Konsumsi sayuran secara rutin dipercaya dapat membantu menyehatkan tubuh dan dibutuhkan untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan setiap hari.

Tetapi beberapa ahli gizi dan pakar kesehatan tidak pernah menyarankan konsumsi sayuran yang tinggi zat besi untuk dipadukan dengan teh. Hal ini lantaran tubuh akan mengalami kegagalan untuk menyerap zat besi ketika dibarengi dengan minum teh.

Dibutuhkan waktu yang lama untuk memberikan jeda antara konsumsi teh dengan makanan tinggi zat besi. Hal ini semakin tidak direkomendasikan jika dilakukan oleh penderita anemia yang membutuhkan asupan zat besi dengan baik.

5. Yogurt
Yogurt atau olahan susu sapi lainnya yang melalui proses fermentasi tidak disarankan untuk dikonsumsi berdampingan dengan teh. Alasannya hampir mirip dengan tidak dianjurkannya konsumsi jus lemon setelah atau sebelum minum teh.

Yogurt dan susu yang difermentasi memiliki kandungan asam yang dapat memicu gangguan pada perut dan pencernaan. Mulai dari diare, produksi asam lambung hingga gas berlebih pada perut.

Jika tetap ingin mengonsumsi keduanya, butuh diberi jeda yang panjang antara teh dan yogurt. Setidaknya butuh waktu selama 2 jam setelah konsumsi teh untuk mengonsumsi yogurt, atau sebaliknya.





























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "5 Makanan dan Minuman Ini Sebaiknya Tak Dikonsumi Bersama Teh"