Hagia Sophia

30 April 2023

Cuaca Panas Serang Indonesia, Ciputat Tercatat Paling Terik

Ilustrasi cuaca 'menyengat' di RI. (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Belakangan, sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia, dihantam cuaca panas. Di Indonesia sendiri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya peningkatan suhu panas yang menyebabkan udara terasa semakin panas selama sepekan terakhir.

Suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari yang menyebabkan lonjakan panas tahun 2023 terparah.

Saat ini, Indonesia disebut belum mengalami heatwave atau gelombang panas. Meski begitu, Indonesia tak terhindar dari dampak peningkatan suhu udara permukaan. Ada sejumlah wilayah di Indonesia yang sempat mencatat suhu maksimum harian tertinggi.

"Ciputat, Tangerang Selatan, mencatat suhu maksimum harian tertinggi pada dasarian II April, tepatnya pada 17 April 2023 37,2 derajat Celcius," tulis BMKG di akun Instagram resminya dikutip detikcom, Senin (24/4/2023).

Bangladesh mencetak rekor suhu tertinggi yang tembus di atas 50 derajat celcius. Tepatnya di Kumarkhali, Kushtia dengan suhu 51,2 derajat celcius pada 17 April 2023.

Berikut 10 Kota di Asia dengan Suhu Maksimum Harian Tertinggi (11-20 April 2023, derajat Celcius):
  • 17 April, Kumarkhali, Kusthia, Bangladesh = 51,2 derajat Celsius
  • 20 April, Chauk (Myanmar) = 45,5 derajat Celsius
  • 18 April, Chauk (Myanmar) = 45,3 derajat Celcius
  • 18 April, Bundi (India) = 45,2 derajat Celsius
  • 19 April, Chauk (Myanmar) = 45,0 derajat Celsius
  • 19 April, Nyaung-U (Myanmar) = 45,0 derajat Celsius
  • 14 April, Chauk (Myanmar) = 44,8 derajat Celsius
  • 18 April, Prayagraj/ Ghoopur (India) = 44,6 derajat Celsius
  • 17 April, Prayagraj/ Ghoopur (India) = 44,6 derajat Celsius
  • 15 April, Tak (Thailand) = 44,6 derajat Celsius
Kerap dikaitkan pemicu cuaca begitu terik, apa sebenarnya gelombang panas dan seperti apa dampaknya?

Dikutip dari siaran pers Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) mengenai Perkembangan Gelombang Panas di Asia 2023, 'heat wave' atau gelombang panas dalam ilmu cuaca dan iklim didefinisikan sebagai periode cuaca dengan kenaikan suhu panas yang tidak biasa yang berlangsung setidaknya lima hari berturut-turut atau lebih, sesuai batasan Badan Meteorologi Dunia (WMO).

"Untuk fenomena cuaca termasuk sebagai kategori gelombang panas, suatu lokasi harus mencatat suhu maksimum harian melebihi ambang batas statistik, misalnya 5 derajat celcius lebih panas, dari rata-rata klimatologis suhu maksimum. Apabila suhu maksimum tersebut terjadi dalam rentang rata-ratanya dan tidak berlangsung lama maka tidak dikategorikan sebagai gelombang panas," jelas BMKG dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, BMKG menjelaskan bahwa fenomena gelombang panas biasanya terjadi berkaitan dengan berkembangnya pola cuaca sistem tekanan atmosfer tinggi di suatu area dengan luasan yang besar secara persisten dalam beberapa hari. Hal ini juga berkaitan dengan aktivitas gelombang Rossby di troposfer bagian atas.

"Dalam sistem tekanan tinggi tersebut, pergerakan udara dari atmosfer bagian atas menekan udara permukaan (subsidensi) sehingga termampatkan dan suhu permukaan meningkat karena umpan balik positif antara massa daratan dan atmosfer. Pusat tekanan atmosfer tinggi ini menyulitkan aliran udara dari daerah lain mengalilr masuk ke area tersebut," paparnya.

"Semakin lama sistem tekanan tinggi ini berkembang di suatu area karena umpan balik positif antara daratan dan atmosfer, semakin meningkat panas di area tersebut, dan semakin sulit awan tumbuh di wilayah tersebut," lanjutnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terpopuler Sepekan: RI Panas Mendidih, Ciputat Paling Gaspol Teriknya"