Hagia Sophia

30 April 2023

Demi Untuk Pangkas BB 120 Kg, Pria Ini Jalan 10 Ribu Langkah Tiap Hari

Viral pria di AS sukses memangkas berat badan hingga 120 kg. (Foto: Twitter/ @3to1fitnesspro)

Cole Prochaska, pria asal Carolina Selatan, Amerika Serikat mengunggah foto sebelum dan sesudah penurunan berat badannya yang sangat drastis melalui akun media sosialnya. Diketahui, Cole berhasil menurunkan berat badannya hingga 152 kg dari 272 kg dalam kurun waktu dua tahun.

Namun, penurunan berat badan yang drastis ini memiliki efek samping yang tidak diinginkan oleh Cole. Sebab, kini setelah 120 kg berat tubuhnya berbuang, Cole memiliki kulit 'sisa' yang kendur di sekitar tubuh dan perutnya.

"Sangat sulit untuk berbagi foto bertelanjang dada tapi saya sudah sejauh ini," tulis Cole dalam akun Twitter @3to1fitnesspro

Cole menjelaskan, momen ketika bobot tubuhnya mencapai 272 kg adalah titik terendah dalam hidupnya. Walhasil demi memangkas bobot tubuh, Cole menjajal sederet cara selama dua tahun berupa:
  • Rajin dalam berolahraga
  • Mengatur pola makan yang sehat dan sesuai
  • Berjalan setidaknya 10 ribu langkah setiap hari
Dikutip dalam Mayoclinic, keberhasilan untuk menurunkan berat badan dengan cara tersebut tergantung kepada berapa lama seseorang menjaga pola makannya. Selain itu, kombinasi antara aktivitas fisik dengan pengurangan kalori dapat membantu seseorang dalam menurunkan berat badannya.

Aktivitas fisik seperti berjalan sangat penting untuk dilakukan agar dapat mengontrol berat badan dan membantu membakar kalori. Semakin banyak seseorang dalam berjalan, semakin banyak kalori yang akan terbakar.

Namun, permasalahan lain muncul ketika Cole berhasil menurunkan berat badannya yakni berupa kulit kendur berlebih akibat efek samping dari penurunan berat badan yang drastis. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Cole yaitu prosedur operasi 'body contouring' atau operasi untuk pengangkatan kulit kendur berlebih pada tubuh.

Prosedur ini memfokuskan pada salah satu area di tubuh seperti lengan, wajah, payudara, perut bagian bawah, paha, dan tubuh bagian atas. Menjalani prosedur operasi ini tentu membutuhkan dana yang besar, sehingga Cole menceritakan kisahnya dalam akun media sosial miliknya.

"Saya berharap saya bisa mendapatkan asuransi untuk membayarnya. Jika tidak, GoFundMe mungkin menjadi pilihan saya berikutnya," tulis Cole.

Postingan tersebut dibanjiri dengan komentar yang mendukung dan memberikan tawaran untuk mendanai operasi pengangkatan kulitnya. Tak hanya itu, banyak komentar yang memuji keberanian Cole dalam memposting dirinya dengan kulit yang berlebih.

"Benar-benar inspiratif! Saya berjuang untuk menurunkan 30 lbs tetapi ini membuat saya merasa seperti saya bisa mencapainya juga jika saya terus melakukannya!" tulis seorang pengguna Twitter.

Menurut Manchester University NHS Foundation Trust, pendanaan untuk prosedur ini tidak tersedia secara otomatis dan harus disetujui oleh Clinical Commissioning Group yang bertanggung jawab atas area tempat tinggal pasien sebelum dirujuk untuk dioperasi.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pria Jalan 10 Ribu Langkah Sehari Pangkas BB 120 Kg, tapi Tubuhnya Jadi Begini"