Hagia Sophia

26 April 2023

Bolehkah Nyetok Simvastatin Agar Kolesterol Tidak Naik? Ini Kata Pakar Kesehatan

Kata dokter gizi soal nyetok simvastatin pasca Lebaran agar kolesterol tidak naik. (Foto ilustrasi: shutterstock)

Makanan berlemak menjadi santapan yang wajib dan sulit dihindari di momen Lebaran. Namun, jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu efek yang buruk pada tubuh karena kadar lemak jenuh berimbas pada kolesterol tinggi.

Banyak orang yang akhirnya memilih simvastatin, obat penurun kolestero yang diyakini mencegah dan menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Benar nggak sih?

Spesialis gizi klinik dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK, menjelaskan obat simvastatin memang bekerja untuk menurunkan kolesterol. Obat itu bekerja dengan menghambat salah satu enzim yang berperan memproduksi kolesterol dalam tubuh.

Tetapi, bukan berarti dengan minum obat simvastatin bisa menurunkan secara cepat kadar kolesterol yang tinggi. Sewaktu-waktu, kadar kolesterol bisa tetap tinggi.

"Tapi ingatlah kolesterol yang tinggi itu bisa tetap tinggi. Karena ketika dia minum simvastatin hanya turun sementara," kata dr Juwalita dalam DetikPagi, Rabu (26/4/2023).

"Jika dia stok simvastatin tapi tidak tidak memperbaiki gaya hidup, ya akan naik lagi," lanjutnya.

Jika terlanjur kalap saat mengkonsumsi makanan berlemak, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi?

Untuk mencegahnya, dr Juwalita menyarankan untuk menurunkan berat badan yang mungkin naik setelah beberapa hari libur Lebaran. Menurutnya, berat badan yang berlebih harus segera diturunkan lagi caranya dengan membatasi makanan yang tinggi kalori.

"Makanan tinggi kalori itu seperti makanan yang ditambah gula, minyak, dan tepung. terus mulai olahraga lagi," tutunya.

"Salah satu kunci supaya kolesterol bisa turun juga dengan mengkonsumsi serat yang cukup, bisa dari sayur, buah, pemilihan jenis karbohidrat yang kita makan juga berpengaruh pada kebutuhan serat," jelas dr Juwalita.

Sebagai contoh, mengkonsumsi makan nasi putih ternyata kandungan seratnya nol. Sementara nasi coklat, nasi merah, dan nasi hitam per 100 gram itu bisa sekitar 2-3 gram serat.

"Serat dalam makanan juga perlu diperhatikan. Selain protein hewani juga harus yang nabati, contohnya tahu, tempe, kacang hijau, kacang merah. sehingga serat yang tinggi akan membuat lemak dalam makanan kita tidak terserap seluruhnya. sehingga kolesterol kita akan terkontrol lagi," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nyetok Simvastatin Pasca Lebaran Biar Kolesterol Tak Naik? Ini Catatannya"