Hagia Sophia

26 April 2023

Iqbal Pakula Meninggal Dunia Karena Gagal Napas dan Jantung

Iqbal Pakula meninggal dunia. (Foto: dok. Instagram Iqbal Pakula)

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktor Iqbal Pakula (49) meninggal dunia pada Selasa (25/4/2023) di Rumah Sakit Siloam Semanggi. Kabar meninggalnya Iqbal Pakula disampaikan melalui pesan broadcast yang diterima.

Dalam pesan tersebut, Iqbal disebutkan meninggal dunia akibat gagal napas dan jantung. Kabar kepergian Iqbal Pakula tersebut pun dibenarkan oleh sang istri, Andiez La Nuite.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah berpulang ke rahmatulloh sahabat atau temen kita Muhammad iqbal paqula usia 46 tahun. Pada hari selasa jam 02.30 wib di rs siloam semanggi Almarhum meninggal karena menderita sakit gagal napas dan jantung," bunyi pesan tersebut.

Saat ini jenazah Iqbal Pakula telah dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Kuningang, Jakarta Selatan.

Andiez dalam penuturannya menjelaskan bahwa Iqbal Pakula memiliki riwayat penyakit jantung. Pada November 2022, sang aktor sudah sempat menjalani pemasangan ring di jantungnya.

Gejala yang dialami Iqbal pada saat itu adalah napas yang tidak beraturan hingga mudah kelelahan.

"Jam 02.32 dini hari (meninggal), karena jantung sih. Jadi jantungnya kambuh," ucap Andiez pada awak media usai pemakaman sang suami dikutip dari detikhot, Rabu (26/4/2023).

"Dia memang ada riwayat jantung. Kemarin mulai bulan November tahun lalu, sudah pasang ring, sudah enakan namun kambuh lagi. Awal-awal November dia lebih gampang capek dan napasnya nggak beraturan," lanjutnya lagi.

Iqbal Pakula kemudian kembali melakukan perawatan pada 21 April 2023 dan akhirnya meninggal dunia 4 hari berselang. Sebelum meninggal dunia, Iqbal Pakula sempat masuk dalam fase kritis.

"Semalam kebetulan saya lagi nggak di situ, semalam itu pas kritis lagi sama om-nya," tutur sang istri.

"Ya itu kondisinya yang terakhir itu irama jantungnya nggak beraturan dari pas Lebaran," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Iqbal Pakula Meninggal: Sudah Drop Sejak Lebaran, Sempat Keluhkan Gejala Ini"