Hagia Sophia

28 April 2023

Tips Atasi Sakit Perut Melilit Secara Tradisional ataupun Resep Dokter

Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong

Dilansir dari Khealth, sakit perut melilit diartikan sebagai rasa tidak nyaman di bagian antara tulang rusuk dan panggul. Yakni, rasa sakit meliputi perut, usus, empedu, pankreas, dan hati.

Sebelum memilih obat yang tepat, kamu perlu mengetahui dulu apa penyebab perut kamu terasa melilit. Sebab, ada beberapa faktor yang menyebabkan sakit perut, seperti gangguan pencernaan, PMS pada wanita, dan lain sebagainya.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena sakit perut melilit dapat dicegah dengan beberapa kebiasaan sehat.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah obat sakit perut melilit secara tradisional dan resep dokter, penyebab sakit perut melilit, dan cara mencegahnya melalui kebiasaan sehat.

Obat Sakit Perut Melilit Tradisional

Berikut ini adalah obat sakit perut melilit secara tradisional yang dapat kamu peroleh secara mudah.

1. Air Putih
Para ahli menyarankan untuk segera minum air putih jika kamu merasa sakit perut karena aktivitas lambung. Tujuannya, adalah untuk menetralisir kandungan asam lambung dalam perutmu.

2. Susu
Selain air putih, susu juga dapat membantu menetralisir asam lambung. Namun, perlu diperhatikan bahwa penderita intoleransi laktosa tidak dapat mengkonsumsi susu, karena dapat membuat sakit perut menjadi lebih parah.

3. Jahe
Semua kandungan dalam jahe memiliki manfaat bagi kesehatan saluran pencernaan, seperti mengatasi radang, mual, kembung, dan gastroprotektif.

4. Air Kelapa
Jika penyebab sakit perut kamu adalah kram otot, kamu dapat mengkonsumsi air kelapa yang selain dapat mengobati keram, juga dapat mengobati kejang pada otot.

5. Lidah Buaya
Serat yang terkandung pada lidah buaya sangat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan hingga nyeri pada perut, loh detikers.

6. Teh Kamomil
Obat tradisional sakit perut melilit lainnya, adalah teh kamomil yang dapat meredakan sakit perut, kembung, hingga kram menstruasi.

7. Kunyit
Kunyit juga dapat menjadi pilihan obat tradisional sakit perut melilit. Pasalnya, kunyit dapat membantu penambahan lapisan dinding lambung, sehingga lambung tidak mudah teriritasi.

8. Kayu Manis
Bahan rempah satu ini juga dapat menyembuhkan sakit perut melilit secara alami. Sebab, kayu manis dapat memberikan efek menyejukkan di dalam perut serta dapat mengurangi gas di dalam lambung.

9. Madu
Mengutip Indian Journal of Medical Research 2013, madu diteliti dapat menjadi obat sakit perut tradisional karena berperan sebagai antioksidan, anti radang, dan melindungi selaput lendir.

10. Kompres Air Hangat
Obat tradisional lainnya yang dapat kamu coba adalah dengan mengompres perut menggunakan handuk atau botol hangat. Tujuannya supaya otot-otot kejang yang menyebabkan perut terasa melilit dapat menjadi rileks.

Obat Sakit Perut Melilit dari Resep Dokter

Mengutip dari WebMD, berikut ini adalah obat-obatan yang yang dapat mengatasi sakit perut melilit. Ingat, obat-obatan ini hanya bisa dikonsumsi melalui resep dokter.
  1. Obat yang mengandung simetikon (Mylanta, Gas-X) dapat membantu menghilangkan sakit karena perut kembung.
  2. Cobalah antasida atau peredam asam (Pepcid AC, Zantac 75), bagi kamu yang merasa mulas akibat penyakit gastroesophageal reflux (GERD).
  3. Pelunak feses ringan atau obat pencahar seperti Dulcolax, dapat membantu kamu yang sakit perut karena sembelit.
  4. Obat-obatan yang mengandung loperamide (Imodium) atau bismuth subsalicylate (Kaopectate atau Pepto-Bismol) dapat membantu kram akibat diare.
  5. Untuk jenis nyeri lainnya, acetaminophen (Aspirin Free Anacin, Liquiprin, Panadol, Tylenol) mungkin bisa membantu. Tapi jauhi antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen (Advil, Midol, Motrin), atau naproxen (Naprosyn, Aleve, Anaprox, Naprelan) karena dapat mengiritasi perut.
Penyebab Sakit Perut Melilit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, obat sakit perut melilit perlu disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit perut melilit.
  • Infeksi
  • Inflamasi (Peradangan)
  • Obstruksi (penyumbatan)
  • Gangguan usus
  • Penyakit yang menyerang organ di perut
  • Infeksi pada tenggorokan, usus, dan darah yang dapat menyebabkan bakteri masuk ke saluran pencernaan
  • Diare dan sembelit
  • Kram menstruasi akibat PMS
  • Gastroenteritis
  • Gastroesophageal Reflux (GERD)
Cara Mencegah Sakit Perut Melilit dengan Kebiasaan Sehat

Mengutip dari Khealth, berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah resiko terjadinya sakit perut secara melilit.

1. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan
Duduk tegak selama satu jam usai makan dapat membantu makanan tercerna dengan baik. Jika kamu langsung berbaring sesaat setelah makan, kamu mungkin merasa mual karena asam lambung yang naik ke tenggorokan.

2. Minum yang Cukup
Tanpa minum yang cukup, proses pencernaan pun menjadi tidak lancar dan dapat membuatmu sakit perut. Jadi, pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik.

3. Jangan Makan Terlalu Cepat
Makanlah secara perlahan dan kunyah hingga tuntas. Tujuannya, agar perutmu dapat memproses makanan dengan baik.

4. Hindari Makanan yang Membuatmu Alergi
Jika kamu tidak toleran terhadap laktosa, maka kamu tidak boleh mengkonsumsi susu yang akan membuat perutmu sakit. Konsumsilah makanan yang sehat dengan tetap memperhatikan kondisi badanmu.

Nah, demikian obat sakit perut melilit secara tradisional dan resep dokter. Pastikan pengobatan yang kamu lakukan sesuai dengan penyebab sakit perut melilit yang kamu alami.

Selain itu lakukan pula tindakan pencegahan dengan membiasakan berpola hidup sehat. Yuk tetap jaga kesehatan ya, detikers!





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Obat Sakit Perut Melilit, Penyebab, dan Cara Mencegahnya"