Hagia Sophia

30 May 2023

Beberapa Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Foto: ilustrasi/thinkstock

Renang merupakan salah satu olahraga air yang banyak digemari masyarakat. Selain menyenangkan, berenang ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Simak artikel berikut untuk mengetahui 10 manfaat berenang untuk tubuh dan kesehatan. Dikutip dari laman Healthline, Women's Health, dan sumber lainnya.

10 Manfaat Renang Bagi Tubuh

1. Melatih Pernapasan
Seperti yang diketahui bahwa berenang memerlukan latihan pola pernapasan yang baik, sehingga berenang akan membantu paru-paru lebih terlatih dan memiliki kapasitas yang semakin besar. Hal ini akan cocok bagi Anda penderita asma.

Namun perlu diketahui bahwa terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan klorin yang ada di kolam renang juga dapat memperburuk asma. Sehingga jika memungkinkan, carilah kolam yang menggunakan air asin, bukan klorin.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur
Berenang dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Berenang akan membuat tubuh kita rileks, sehingga dapat mencegah depresi, kecemasan, dan gangguan jiwa lainnya.

3. Baik Untuk Kesehatan Tulang
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di BioMed Research International, ditemukan bahwa berenang tiga hingga enam jam per minggu dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita pasca menopause.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Seperti pada Latihan aerobic lainnya, berenang nyatanya juga dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda. Berenang akan membuat jantung menjadi lebih kuat dan paru-paru menjadi lebih efisien dalam memanfaatkan oksigen.

5. Menggerakkan Seluruh Tubuh
Berenang merupakan salah satu olahraga yang dapat menggerakkan seluruh tubuh, sehingga dapat melatih kekuatan dan daya tahan tubuh. Berolahraga di air juga akan membuat tubuh akan bekerja lebih keras, sehingga 30 menit Anda berenang di kolam renang, sama dengan 45 menit Anda beraktivitas di luar kolam renang.

6. Membakar Kalori
Berenang merupakan salah satu cara paling efektif untuk membakar kalori. Bahkan berenang dalam waktu setengah jam dapat membakar kalori lebih dari 200 kalori. Nyatanya berenang juga dapat membakar kalori jauh lebih cepat dibandingkan dengan berlari atau bersepeda.

7. Olahraga yang Aman Bagi Ibu Hamil
Secara umum, berenang merupakan salah satu olahraga yang aman bagi kehamilan. Olahraga ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki ibu hamil. Selain itu terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa wanita hamil yang berenang selama awal hingga pertengahan kehamilan dapat memiliki resiko persalinan prematur dan cacat bawaan yang lebih rendah.

8. Dapat Mengurangi Stres
Salah satu manfaat dari berenang adalah dapat mengurangi stress. Hal ini dikarenakan saat berolahraga, tubuh secara alami akan mengurangi hormon stress kortisol dan adrenalin, sekaligus menciptakan endorphin yang membuat Anda merasa nyaman.

9. Dapat Meningkatkan Kecerdasan
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Griffith Institute for Educational Research, dijelaskan bahwa berenang mampu mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Penelitian tersebut melibatkan 7.000 anak di bawah usia lima tahun dan mendapatkan hasil yaitu anak-anak yang rutin berenang memiliki keterampilan motorik yang lebih unggul dibandingkan dengan anak-anak yang tidak berenang.

10. Menghilangkan Racun Pada Kulit
Berenang dengan gerakan yang konstan dapat meningkatkan metabolism tubuh. Hal tersebut dapat membuang berbagai lemak dan racun melalui pori-pori pada kulit. Sehingga racun pada kulit juga akan ikut terbuang dan kulit menjadi lebih sehat.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Manfaat Berenang Bagi Tubuh, Bikin Cerdas Sampai Tulang Kuat"