Hagia Sophia

30 May 2023

Mengenal Traq, Obat Penenang yang Digunakan untuk Binatang

Narkoba tranq bikin warga AS berubah jadi zombie. (Foto: Getty Images/zodebala)

Viral video yang memperlihatkan sejumlah warga di Amerika Serikat berubah menjadi zombie beredar di media sosial. Kejadian tersebut berlokasi di Philadelphia, Amerika Serikat.

Wilayah ini umum dikenal sebagai pasar bebas narkoba sehingga banyak dipenuhi pengguna narkoba yang melamun atau pingsan di pinggir jalan. Video yang viral itu diambil di tengah banyaknya kasus kecanduan obat xylazine 'tranq'.

Obat penenang ini digunakan untuk meningkatkan efek dari narkoba jenis heroin, kokain, dan fentanil.

"Xylazine telah merasuki Philadelphia dengan sangat keras, menyebabkan peningkatan kematian akibat overdosis serta luka parah yang dapat menyebabkan sepsis (infeksi) dan amputasi," kata Departemen Kesehatan dan Dewan Kesehatan Philadelphia dikutip dari NYPost, Selasa (30/5/2023).

Xylazine atau tranq sebenarnya digunakan untuk industri kedokteran hewan dan sering dipakai sebagai obat penenang pada sapi atau kuda. Oleh karena itu, obat ini awalnya bukan termasuk zat terlarang di Amerika Serikat.

Pada tahun 2011, sebuah penelitian menemukan orang-orang di daerah pertanian Puerto Rico menyuntikkan obat anestesi kuda sehingga mengalami luka kulit yang parah. Kemudian, tranq semakin populer pada 2018.

Sarah Laurel, pendiri organisasi nirlaba pengurangan dampak buruk Savage Sisters, mengatakan telah terjadi peningkatan penggunaan xylazine selama empat tahun terakhir.

"Dan kita sekarang memiliki individu yang memiliki bisul menganga terbuka, infeksi, beberapa jaringan nekrotik, dan itu mengarah pada amputasi," kata Laurel.

Efek tranq

Laman WebMD menjelaskan tranq yang beredar di AS sebagian besar telah dicampur dengan heroin, fentanyl, atau kokain untuk meningkatkan atau memodifikasi efek obat tersebut. Pencampuran ini menyebabkan perasaan 'high' atau euforia yang serupa seperti yang dilakukan opioid.

Ketika overdosis pada obat yang mengandung tranq, seseorang akan mengalami efek samping yang berbahaya. Dalam kasus yang parah, overdosis dapat menyebabkan kematian.

Pengguna akan berkeliaran di jalanan dalam keadaan seperti kesurupan, tidak menyadari gerakan mereka, tergeletak di trotoar yang kotor, dan berisiko mengalami kekerasan atau pelecehan.

Selain itu, paparan tranq dapat terlihat sangat mirip dengan overdosis opioid, termasuk:
  • Sedasi
  • Pernapasan lambat
  • Tekanan darah rendah (hipotensi)
  • Detak jantung lambat (bradikardia)
  • Bisul kulit yang parah dan menyakitkan (luka kulit nekrotik) dan abses
  • Memperlambat penyembuhan luka
  • Infeksi kulit yang sering, terus-menerus, atau memburuk
  • Masalah mata seperti pupil kecil (miosis)
  • Gula darah rendah (hipoglikemia)
  • Gula darah tinggi (hiperglikemia)
  • Amnesia
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apa Itu Tranq? Narkoba yang Bikin Warga AS Berubah Jadi Zombie"