Hagia Sophia

30 May 2023

Kacang Tanah Merupakan Cemilan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Foto: Getty Images/iStockphoto/al62

Kacang tanah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Di Indonesia, kacang tanah dengan nama latin Arachis hypogaea L. merupakan kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai.

Kacang tanah merupakan tanaman polong-polongan atau kacang-kacangan asal Amerika Selatan. Biasanya, kacang tanah dikonsumsi dengan cara direbus atau disangrai.

Selain dikonsumsi sebagai cemilan atau pelengkap hidangan, ternyata ada sejumlah manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh. Simak 12 manfaat kacang tanah yang bagi kesehatan tubuh berikut ini.

Manfaat Kacang Tanah

Berikut ini adalah 12 manfaat kacang tanah yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Risiko Diabetes
Manfaat kacang tanah dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena penyakit diabetes. Indeks glikemiknya yang rendah tidak akan membuat kadar gula darah melonjak.

Maka dari itu, kacang tanah bermanfaat mengontrol kadar gula darah sehingga menurunkan risiko diabetes pada individu. Selain kadar glikemik yang rendah, kacang tanah kaya akan protein, serat, dan lemak.

2. Mencegah Kanker
Manfaat kacang tanah selanjutnya juga dikaitkan dengan pencegahan kanker. Mengkonsumsi selai yang berasal dari olahan kacang tanah mampu menurunkan risiko kanker khususnya kanker perut yang disebut dengan adenokarsinoma non kardia lambung.

3. Sumber Lemak Sehat
Kacang tanah dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi. Namun, kandungan lemak pada kacang tanah tergolong sebagai lemak sehat. Manfaat kacang tanah adalah sebagai sumber lemak sehat.

Kacang tanah sering digunakan untuk membuat minyak arachis atau minyak kacang tanah. Sebagian besar kandungan lemak kacang tanah terdiri dari asam oleat dan linoleat.

4. Sumber Protein Nabati
Kacang tanah merupakan sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Kacang tanah memiliki kandungan protein sebesar 22-30% dari total kalorinya.

Mengkonsumsi kacang tanah secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh dan bisa menimbulkan alergi. Protein arachin dan conarachin yang berlimpah pada kacang tanah dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang.

5. Menurunkan Berat Badan
Manfaat kacang tanah lainnya, yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Studi menyebutkan kacang tanah dapat mengurangi risiko obesitas dan membantu menjaga berat badan.

Kacang tanah mengandung serat, protein, dan lemak sehat yang baik bagi kesehatan dan mampu membantu merasa kenyang. Mengkonsumsi kacang tanah dengan cukup dapat membantu menjaga berat badan sehat.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kacang tanah mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Manfaat kacang tanah sama baiknya dengan kacang almond untuk kesehatan jantung.

Kacang tanah memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung seperti magnesium, niacin, tembaga, asam oleat, dan banyak antioksidan, seperti resveratrol.

7. Memperpanjang Umur
Studi observasional menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi segala jenis kacang, termasuk kacang tanah cenderung berumur lebih panjang. Namun, belum dapat dibuktikan secara langsung bahwa manfaat kacang tanah mampu menurunkan tingkat kematian.

8. Mengoptimalkan Fungsi Otak
Manfaat kacang tanah juga mampu mengoptimalkan fungsi otak. Konsumsi kacang tanah dapat menurunkan risiko penyakit otak atau penurunan kognitif.

Kacang tanah memiliki kandungan folat dan niasin yang mampu mengoptimalkan fungsi otak. Senyawa bioaktif yang terkandung pada kacang tanah bermanfaat mengoptimalkan daya ingat serta menurunkan tingkat stres.

9. Meningkatkan Massa Otot
Kandungan protein yang tinggi pada kacang tanah dapat membantu meningkatkan massa otot serta mendukung pertumbuhan. Jika dikonsumsi oleh anak, kacang tanah bermanfaat untuk mengoptimalkan proses perkembangan dan pertumbuhannya.

10. Meningkatkan Kualitas Penglihatan
Manfaat kacang tanah mampu meningkatkan kualitas penglihatan seseorang. Kandungan Zinc pada kacang tanah membantu penyebaran vitamin A yang mengoptimalkan kualitas penglihatan.

11. Menurunkan Kolesterol
Kandungan lemak sehat pada kacang tanah sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Konsumsi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh, yaitu mengontrol dan menurunkan kolesterol dalam tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

12. Melancarkan Pencernaan
Kacang tanah memiliki kandungan serat yang bermanfaat melancarkan pencernaan. Kandungan serat pada kacang tanah sebesar 8,5 g per 100 g mampu mencukupi 25 persen serat harian pada laki-laki.

Kandungan serat pada kacang tanah mampu membantu melancarkan pencernaan. Serat dapat membuat feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Cara Mengkonsumsi Kacang Tanah

Kacang tanah bisa diolah dan dikonsumsi dengan berbagai cara. Biasanya, masyarakat mengkonsumsi kacang tanah sebagai cemilan sehari-hari. Simak cara mengkonsumsi kacang tanah yang baik untuk kesehatan berikut ini.

1. Kacang Tanah Panggang
Sebelum dikonsumsi, kamu bisa memanggang kacang tanah terlebih dahulu. Memanggang kacang tanah dapat menghindari turunnya kadar serat pada kacang tanah.

Caranya cukup mudah. Panggang kacang tanah selama 10-15 menit di oven, lalu kupas hingga bersih. Selain dikonsumsi langsung, kacang tanah panggang juga bisa kamu jadikan topping pada yoghurt.

2. Kacang Tanah Rebus
Kacang tanah rebus merupakan cemilan favorit banyak orang. Cara membuat kacang rebus mudah, kamu hanya perlu merebus kacang tanah hingga matang dan empuk. Kacang tanah rebus merupakan cemilan yang mudah dibuat dan baik untuk kesehatan.

3. Selai Kacang
Manfaat kacang tanah ternyata masih bisa didapatkan dengan mengkonsumsi olahan kacang tanah sebagai selai kacang.

Sudah banyak olahan selai kacang alami yang bisa kamu dapatkan di supermarket. Kamu juga bisa membuat selai kacang sendiri dan menjadikannya topping roti atau yoghurt.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "12 Manfaat Kacang Tanah, Cemilan yang Baik bagi Kesehatan Tubuh"