Hagia Sophia

21 May 2023

Inikah Penyebab Ukuran Payudara Wanita Asia Tenggara Relatif Kecil?

Ukuran rata-rata payudara wanita Indonesia termasuk yang terkecil di dunia. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Beberapa wanita merasa insecure soal ukuran payudaranya. Pasalnya, ukuran payudara seringkali dijadikan patokan bagi pria untuk meningkatkan gairah bercinta.

Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan lantaran setiap wanita memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Ukuran payudara juga bisa berubah sewaktu-waktu akibat hormon seperti menstruasi, hamil, atau menyusui.

Alasan Payudara orang Asia Tenggara Lebih Kecil

Payudara wanita sebagian besar terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar. Bentuk payudara juga tidak hanya bergantung pada faktor genetik, tetapi juga pada kandungan lemak dan komposisi jaringan ikatnya.

Sebuah studi dari World Data Info, mengungkap rata-rata ukuran payudara dari berbagai negara di seluruh dunia. Studi tersebut menyebutkan negara-negara ukuran payudara terbesar ditemukan di Norwegia, Islandia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Sebaliknya, payudara yang terkecil ditemukan di wilayah Afrika Tengah dan Asia Tenggara. Indonesia sendiri menempati posisi kesembilan sebagai negara dengan rata-rata payudara terkecil di dunia.

Ukuran cup bra wanita Indonesia adalah AA (terkecil) dengan rata-rata indeks massa tubuh (BMI) sebesar 23,7.

Ukuran payudara dikaitkan dengan indeks massa tubuh (BMI) seseorang. Ada faktor genetik yang menyebabkan rata-rata payudara di negara-negara Asia Tenggara lebih kecil dibandingkan negara lainnya. Rata-rata wanita di Asia Tenggara memiliki tinggi sekitar 153 cm dan berat kurang dari 55 kg.

Selain itu, pengaruh iklim juga diduga menjadi faktor penyebabnya. Di daerah yang sangat panas, tubuh mengkonsumsi energi dalam jumlah yang jauh lebih besar untuk mendinginkan diri dan menjaga keseimbangan fungsi tubuh.

Payudara sebagian besar terdiri dari jaringan lemak, yaitu simpanan energi tubuh sendiri. Jika energi dengan cepat ditarik dari tubuh, tidak ada jaringan lemak yang dapat terbentuk. Hal ini menyebabkan ukuran payudara lebih kecil.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alasan Ukuran Payudara Asia Termasuk RI Lebih Kecil Dibanding Negara Lain"