Hagia Sophia

21 May 2023

Kisah Pengalaman Mistis dari Nakes Saat Dampingi Pasien yang Mau Meninggal

Ilustrasi pasien sekarat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Asawin_Klabma)

Menjadi seorang tenaga kesehatan juga memiliki tanggung jawab untuk mendampingi pasien dalam masa-masa terakhir hidup mereka. Dalam mendampingi pasien yang berada di ujung ajalnya, tak sedikit nakes yang mengalami peristiwa mistis, tak bisa dijelaskan secara medis.

Salah satu yang juga memiliki pengalaman mistis selama menjadi nakes adalah Penny Smith, seorang perawat rumah sakit di Washington, Amerika Serikat. Wanita berusia 59 tahun itu mengaku mulai percaya akan adanya 'kehidupan setelah kematian' setelah mendampingi pasien dalam kondisi kritis.

"Sebelum saya menjadi seorang perawat, saya tidak percaya dengan adanya kehidupan setelah kematian. Namun, sekarang saya percaya," ujar Smith dalam sebuah wawancara, dikutip dari New York Post.

"Hal yang paling menonjol adalah ketika seseorang yang sekarat mengatakan bahwa mereka 'dikunjungi' oleh seseorang yang sudah meninggal. Ini bisa terjadi saat orang tersebut sepenuhnya sadar dan bisa menjelaskan secara jelas siapa yang mereka lihat," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa banyak pasiennya yang dalam kondisi sekarat seringkali melihat orang terkasihnya yang sudah meninggal dan juga hewan peliharaannya menjelang hari-hari terakhir.

Dijemput Keluarga Menjelang Ajal

Salah satu pasiennya, misalnya, mengaku dikunjungi sang istri yang sudah meninggal. Pasien tersebut juga mengatakan melihat istrinya di ujung atap ruangan rumah sakit.

"Pasien itu memberitahu saya bahwa istrinya akan datang menjemputnya, 'Bukan hari ini, tapi besok.' Dan pasien tersebut benar meninggal keesokan harinya," kata Smith.

Smith mengaku, menjadi seorang perawat dan menyaksikan langsung kematian para pasiennya bukanlah sebuah hal yang mudah. Ia juga menjelaskan bahwa kematian tidak seindah yang dilihat di televisi.

"Umumnya mata seseorang (yang meninggal) dalam kondisi terbuka atau setengah terbuka, terkadang warna matanya juga bisa berubah, rahangnya turun dengan mulut yang ternganga. Kulitnya bisa terlihat lunak dan menjadi keabuan atau kuning," jelasnya.

Melihat Malaikat

Tak hanya Smith, Julie McFadden, seorang perawat di Los Angeles, Amerika Serikat membagikan kisahnya saat merawat pasien yang sudah di ujung ajalnya. Ia juga pernah mengalami hal mistis ketika sedang mendampingi pasien yang sakit parah menjelang akhir hidup mereka.

Sama seperti Smith, wanita berusia 39 tahun itu mengungkap bahwa banyak pasiennya yang melihat penampakan kerabat mereka yang mengucapkan kata-kata menghibur, seperti "Kami akan segera menjemput Anda' atau 'Jangan khawatir, kami akan membantu Anda'." ujar julie, dikutip dari Daily Mail.

Walaupun terkesan 'horor', Julie mengklaim pasien-pasiennya itu lebih sering mendapatkan kunjungan yang 'menghibur' dibandingkan menakutkan.

Ia sendiri pun mengaku sempat melihat penampakan malaikat yang berdiri di atas tempat tidur seorang pasien yang dalam kondisi sekarat.

Menurut Julie, penampakan ini rata-rata dialami oleh para pasien sekitar satu bulan sebelum kepergian mereka, bisa melalui mimpi ataupun melihatnya secara langsung.

Meski bekerja sebagai seorang tenaga medis, ia mengaku tak bisa menjelaskan secara medis mengapa hal-hal seperti ini bisa terjadi.

"Bukannya mereka mengatakan banyak hal gila yang tidak masuk akal," katanya.

Menurutnya, apa yang dialami oleh pasien-pasiennya itu bukanlah sebuah halusinasi karena pasien-pasien yang ia hadapi umumnya masih memiliki kesadaran penuh.

"Mereka biasanya fungsional dan logis dan menanyai saya, 'Mengapa saya melihat ibu saya yang sudah meninggal, apakah Anda melihatnya?," imbuh Julie.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Cerita Nakes soal Pengalaman Mistis saat Dampingi Pasien Jelang Ajal"