Hagia Sophia

21 May 2023

Berikut Daftar Negara yang Miliki Payudara Besar di Dunia

Daftar negara dengan rata-rata ukuran payudara terbesar di dunia. (Foto: Getty Images/iStockphoto/mheim3011)

Setiap wanita memiliki bentuk dan ukuran payudara yang berbeda. Ini merupakan kondisi yang normal. Uniknya, ukuran payudara wanita tidak tetap dan bervariasi, tergantung pada siklus menstruasi dan apakah dia sedang hamil atau menyusui.

Cara Mengukur Ukuran Payudara dan Bra

Dikutip dari World Population Review, setidaknya ada 6 ukuran bra berbeda yang digunakan di seluruh dunia dalam satuan inci dan sentimeter. Namun, umumnya ukuran bra dinyatakan dengan ukuran cup.

Sebagai aturan, angka mewakili pengukuran horizontal di sekitar area "band" atau "underbust" tepat di bawah payudara. Untuk menentukan ukuran cup, wanita dapat mengukur di sekitar bagian payudara yang paling penuh (biasanya sejajar dengan puting susu) dan membandingkannya ke underbust. Semakin besar perbedaan antara pengukuran ini, semakin besar ukuran cup.

Pengukuran ini biasanya dinyatakan dalam huruf dengan cup A menjadi yang terkecil. Semakin besar hurufnya, misalnya C, ukuran cup semakin besar.

Ukuran bra mungkin berbeda dari satu produsen ke produsen lain bahkan di negara yang sama. Oleh sebab itu, sebaiknya ukur payudara setiap ingin menggunakan bra baru dari merek yang berbeda.

Daftar Negara Pemilik Payudara Terbesar di Dunia

Rata-rata ukuran cup bra bervariasi dari AA hingga D, tergantung negaranya. Dikutip dari World Data Info, berikut adalah 10 negara pemilik payudara terbesar di dunia disertai rata-rata indeks massa tubuhnya.
  • Norwegia: C-D (26,2)
  • Luksemburg: C (25,7)
  • Islandia: C (25,6)
  • Amerika Serikat: C (29)
  • Inggris: C (27,1)
  • Venezuela: B-C (26,9)
  • Colombia: B-C (26,7)
  • Swedia: B-C (25,4)
  • Belanda: B-C (25,3)
  • Kanada: B-C (26,7)
Sementara itu, Indonesia masuk 10 negara pemilik payudara terkecil, tepatnya berada di urutan kesembilan. Umumnya, ukuran cup bra wanita Indonesia adalah AA (terkecil) dengan rata-rata indeks massa tubuh (BMI) sebesar 23,7.

Ukuran payudara berkorelasi dengan BMI keseluruhan. Penambahan berat badan seringkali disertai dengan ukuran cup yang lebih besar.

Secara keseluruhan, ukuran payudara terbesar terkonsentrasi di Eropa dan Amerika Serikat. Sementara itu, ukuran payudara terkecil ada di negara-negara Afrika dan Asia Tenggara. Para ahli menyebut ini disebabkan oleh genetik karena wanita di wilayah Afrika dan Asia Tenggara cenderung bertubuh kecil. Mereka juga menjalani gaya hidup yang lebih aktif sehingga dapat menurunkan massa tubuh dan ukuran payudara.

Selain itu, beberapa faktor lain yang memengaruhi ukuran payudara seseorang adalah nutrisi, pola makan, tingkat kebugaran, dan usia.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Negara Pemilik Payudara Terbesar di Dunia, RI Posisi Berapa?"