Hagia Sophia

21 May 2023

Liga Inggris: Tottenham Tumbang, Kalah dari Brentford 1-3

Tottenham tumbang dari Brentford di kandang sendiri. Foto: PA Images via Getty Images/John Walton - PA Images

Tottenham Hotspur menelan kekalahan 1-3 dari Brentford di pekan ke-37 Liga Inggris. Hasil ini membuat mereka kini terancam absen di kompetisi Eropa musim depan.

Bermain di kandang sendiri, Sabtu (20/5/2023), Harry Kane sempat membawa tuan rumah memimpin di menit ke-8 lewat tendangan bebas, namun Brentford bangkit di babak kedua.

Dua gol Bryan Mbeumo di menit ke-50 dan 62 serta tembakan Yoane Wissa di menit ke-88 memastikan Tottenham menelan kekalahan ketiga dalam empat laga terakhir. Spurs kini tertahan di urutan tujuh klasemen sementara dengan 57 poin.

Sedangkan Brentford tetap di peringkat sembilan dengan 56 poin. Meski berat, namun asa untuk lolos ke Europa Conference League masih terbuka karena kini mereka menempel sang rival sekota.

Jalannya pertandingan

Tottenham membuka keunggulan di menit ke-8. Pelanggaran Frank Onyeka terhadap Oliver Skipp berujung tendangan bebas.

Dejan Kulusevski yang menjadi eksekutor memberi umpan pendek kepada Harry Kane, dan dituntaskan striker 29 tahun itu dengan tembakan keras ke sudut kanan gawang Brentford yang dijaga David Raya. Tottenham memimpin 1-0.

Kane melepaskan tendangan bebas yang berujung gol pertama Tottenham. Foto: PA Images via Getty Images/John Walton - PA Images

Son Heung-min nyaris menambah keunggulan Tottenham di menit ke-11, namun tembakan kaki kirinya berhasil dihalau Raya. Menit ke-24, sundulan Emerson Royal dari jarak dekat diblok Rico Henry di garis gawang tim tamu.

Brentford berupaya memberi perlawanan lewat sundulan Bryan Mbeumo di menit ke-29, namun melenceng dari sasaran. Menit ke-35, tembakan jarak jauh Vitaly Janelt juga gagal mengarah ke gawang.

Tottenham kembali mendapat kans bagus lewat sundulan Arnaut Danjuma yang menyambut umpan Son, namun bola melebar ke sisi kanan gawang Brentford. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Brentford berhasil bangkit dan membalikkan keadaan. Lewat serangan di menit ke-50, Yoane Wissa memberi umpan kepada Mbeumo yang berada di tepi kotak penalti sebelah kanan.

Striker Kamerun itu dengan tenang menggiring bola masuk ke kotak penalti lalu melepaskan tembakan melewati celah dua bek Tottenham yang berujung gol, mengubah skor menjadi 1-1.

Brentford berbalik unggul pada menit ke-62 lewat sebuah serangan balik. Umpan terobosan Aaron Hickey dari sayap kiri berhasil diterima Mbeumo di kotak penalti lalu dituntaskan dengan tembakan ke sudut kiri gawang, menaklukkan kiper Fraser Forster.

Mbeumo tampil jadi pembeda dengan mencetak dua gol. Foto: Getty Images/Chloe Knott - Danehouse

Tottenham berupaya menyamakan skor, namun justru kebobolan lagi di menit ke-88. Oliver Skipp kehilangan penguasaan bola di depan kotak penalti Tottenham, lalu Mbeumo memanfaatkan blunder itu dengan langsung memberi umpan kepada Yoane Wissa.

Penyerang 26 tahun itu tanpa ampun menghukum Tottenham dengan tembakan mendatar yang membuat jala gawang Forster bergetar untuk ketiga kalinya. Skor 3-1 untuk Brentford bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Tottenham Hotspur: Fraser Forster, Emerson Royal (Pedro Porro 75'), Davinson Sanchez, Clement Lenglet, Ben Davies (Ivan Perisic 85'), Arnaut Danjuma (Lucas Moura 66'), Yves Bissouma, Oliver Skipp, Son Heung-min, Dejan Kulusevski (Richarlison 75'), Harry Kane.

Brentford: David Raya, Rico Henry, Ben Mee, Ethan Pinnock, Aaron Hickey (Mads Roerslev 89'), Mathias Jensen (Shandon Baptiste 72'), Vitaly, Janelt, Frank Onyeka (Mikkel Damsgaard 46'), Kevin Schade (Mathias Joergensen 78'), Yoane Wissa (Josh Dasilve 89'), Bryan Mbeumo.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Tottenham Vs Brentford: Spurs Tumbang 1-3"