Hagia Sophia

21 May 2023

Tips untuk Cegah Orang Ketiga di Rumah Tangga

Ilustrasi perselingkuhan dalam rumah tangga. (Foto: Shutterstock/)

Beberapa waktu terakhir kabar rumah tangga artis Indonesia menjadi perbincangan banyak orang. Salah satu yang mencuri perhatian adalah dugaan perselingkuhan yang dilakukan oleh vokalis band Last Child Virgoun.

Semenjak munculnya kabar mengejutkan tersebut, banyak masyarakat yang juga membahas perihal kesetiaan dan perselingkuhan dalam rumah tangga. Akhirnya tak sedikit netizen mengaku takut dengan pernikahan dan juga komitmen.

Terkait dengan isu perselingkuhan yang ramai diperbincangan beberapa waktu terakhir, psikiater RSJ dr H Marzoeki Mahdi Bogor dr Lahargo Kembaren SpKJ membagikan tips mencegah perselingkuhan dalam sebuah rumah tangga.

Menurutnya, pernikahan membutuhkan komitmen yang sangat kuat dari kedua belah pihak. Hubungan yang sehat harus terus diutamakan agar kehidupan rumah tangga bisa terus harmonis.

"Perkuat komitmen dalam pernikahan dengan terus menjalin kebersamaan yang positif, saling menghargai, makin mencintai, menerima kelebihan dan kekurangan pasangan dan selalu mencari solusi bersama untuk setiap permasalahan yang muncul," ucap dr Lahargo pada detikcom, Jumat (19/5/2023).

"Selalu mengingat janji awal saat pernikahan dan terus bertumbuh dalam menjalin relasi yang sehat," sambungnya.

dr Lahargo menambahkan bahwa mengenali 'bahasa kasih' satu sama lain juga penting dalam mempertahankan sebuah hubungan, khususnya pernikahan. Bahasa kasih tersebut antara lain adalah kalimat pujian, waktu yang berkualitas, hadiah, pelayanan, dan sentuhan fisik.

Selain itu, dr Lahargo juga mengimbau pasangan untuk menghindari momen-momen kesempatan berhubungan yang berlebihan dengan orang lain.

"Hindari hal-hal yang dapat menjadi kesempatan untuk berhubungan dengan orang lain seperti kebersamaan yang berlebihan dengan orang lain," jelas dr Lahargo.

"Tidak merespon kata-kata atau perilaku seduktif dari orang lain dan membicarakannya dengan pasangan bila ada yang demikian," sambungnya.

Adapun yang terakhir, ia mengingatkan setiap pasangan untuk terus menjaga keintiman dan kemesraan untuk menghindarkan diri dari perselingkuhan.

"Jalin terus keintiman dan kemesraan dengan pasangan, tidak harus PDA (public display affection), tapi coba luangkan waktu untuk 'pacaran' meski sudah punya anak, cucu, bicara lagi dari hati ke hati," ucap dr Lahargo.

"Ngobrolin hal yang nggak penting, yang penting ngobrol. Jangan juga lupakan sentuhan fisik, kadang sebuah pelukan dapat menyelamatkan sebuah perkawinan," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ramai Isu Selingkuh, Ahli Bagikan Tips Cegah Orang Ke-3 di Rumah Tangga"