Hagia Sophia

09 August 2023

Peserta Jambore Dunia Indonesia di Korsel Sudah Dievakuasi ke Wonkwang

Kontingen RI di Jambore Dunia dievakusi (Foto: Dok. Kwarnas)

Kontingen Indonesia yang mengikuti Jambore Pramuka Dunia di Bumi Perkemahan Sae Man-Geum, Provinsi Jeollabuk, Korea Selatan, telah dievakuasi ke Asrama Universitas Wonkwang. Kwarnas memastikan kondisi kontingen RI dalam keadaan aman.

"Kontingen Gerakan Pramuka dari Indonesia tiba dengan selamat di penampungan yang berada di Asrama Universitas Wonkwang, Provinsi Jeollabuk," kata Kwarnas dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (8/8/2023).

Kwarnas menyebut sebanyak 1.569 orang dari kontingen RI mengikuti Jambore Pramuka Sedunia ke-25 di Bumi Perkemahan Sae Man-Geum dari 1 sampai 12 Agustus 2023. Namun karena adanya ancaman Topan Khanun, jambore tuntas lebih awal.

"Setelah dapat mengatasi cuaca panas dan bertahan di arena Jambore, sementara beberapa negara mengundurkan diri karena tak tahan cuaca panas ekstrem, tetapi akhirnya kontingen Indonesia bersama seluruh peserta terpaksa harus dipindahkan dari arena Jambore. Penyebabnya adalah Topan Khanun yang diprediksi akan melintas area Jambore pada 9-10 Agustus 2023," jelas Kwarnas.

Kwarnas menyebut Pemerintah Korea Selatan akhirnya memutuskan memindahkan 39 ribu peserta dari 155 negara ke lokasi yang lebih aman. Kontingen Indonesia bersama beberapa kontingen negara lainnya mendapatkan tempat penampungan di Asrama Universitas Wonkwang.

Proses pemindahan dimulai 8 Agustus 2023 pukul 08.00 waktu setempat. Kwarnas menyebut evakuasi dimulai dengan menggunakan sekitar 1.000 bus mengangkut seluruh peserta didik yang berusia 14-17 tahun. Setelah itu baru orang dewasa dipindahkan pula.

"Bus terakhir yang membawa kontingen Indonesia keluar dari perkemahan pada pukul 18.25 waktu Korea. Saat ini seluruh anggota kontingen Indonesia sudah aman di tempat penampungan," jelasnya.

Kedutaan Besar RI di Seoul juga membantu kegiatan pemindahan kontingen Indonesia, dengan mengerahkan staf dan para mahasiswa Indonesia di Korea Selatan yang fasih berbahasa Korea. Hal ini agar pemindahan berjalan lancar tanpa kendala.

Kwarnas mengatakan saat ini kontingen RI dalam kondisi baik. Kwarnas menyebut penutupan Jambore akan dilakukan pada 11 Agustus. Setelah itu, kontingen Indonesia akan kembali ke Tanah Air sesuai jadwal.

"Saat ini semua anggota kontingen Indonesia dalam keadaan baik. Besok, 9 Agustus 2023, kegiatan Jambore akan berlanjut dengan kunjungan wisata ke beberapa tempat. Sementara penutupan Jambore tetap sesuai jadwal pada 11 Agustus 2023. Acara penutupan yang dimeriahkan konser K-Pop itu akan dilaksanakan di Sang-am World Cup Stadium di Seoul, mulai pukul 18.30," jelasnya.

"Kontingen Indonesia sendiri akan meninggalkan Korea Selatan untuk kembali ke Tanah Air, sesuai jadwal penerbangan masing-masing, yaitu pada 12, 13, dan 14 Agustus 2023," imbuhnya.



























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Kontingen RI di Jambore Dunia Dievakuasi ke Wonkwang, Kondisinya Aman"