Hagia Sophia

09 August 2023

Terkait Oplas, Ini Beda Pandangan Masyarakat Korsel dan Indonesia

Ilustrasi operasi plastik. (Foto: iStock)

Tak sedikit masyarakat Indonesia tergiur untuk menjalani operasi platik di Korea Selatan. Dengan harapan, bisa mendapatkan penampilan cantik layaknya banyak perempuan Korea.

Menariknya, seorang dokter bedah plastik di Korea Selatan menyoroti perbedaan karakter pasien asal Indonesia dan Korea Selatan. Rupanya, masyarakat Indonesia cenderung lebih 'buka-bukaan'. Artinya, mereka tidak malu untuk mengakui bahwa penampilan baru di wajahnya adalah hasil bedah plastik yang hasilnya pun memang tak main-main.

Hal itu diungkapkan oleh dr Song Hyungmin, founder dari klinik New Look asal Korea Selatan, yang baru-baru ini didirikan di Jakarta.

"Kalau (masyarakat) Korea ini maunya terlihat ini orang operasi atau nggak ya. Cantik, tapi membuat orang bertanya ini orang operasi atau nggak," ungkapnya saat ditemui detikcom di acara Grand Opening Klinik New Look di Jakarta Pusat, Jumat (4/8/2023).

"Kalau orang Indonesia, kalau hasil akhirnya cantik mereka tidak ragu (mengaku) melakukan operasi dan hasilnya baik sekali," imbuh dr Song.

Banyak Orang Indonesia Suka Penampilan yang 'Wow'

Lebih lanjut dr Song menjelaskan, pasien operasi plastik asal Indonesia juga cenderung lebih menginginkan penampilan wajah baru yang terkesan mewah. Misalnya, berkaitan dengan perubahan mata dan hidung.

"Terkesan mewah dan wah. Contohnya mata diperbesar dan tegas, termasuk juga bagian hidung perfect sempurna. Benar-benar mantap sekali. Itu yang saya tangani selama menangani pasien Indonesia dan Korea," pungkasnya.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Dokter Bedah Plastik Korsel soal Oplas yang Paling Dicari Warga RI"