Hagia Sophia

09 August 2023

Jokowi: Pindah IKN untuk Atasi Polusi

Jakarta 'dikepung' polusi. (Foto: Rifkianto Nugroho)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyoroti kualitas udara di Jakarta yang kerap dikepung polusi. Dia menyebut salah satu cara mengatasi polusi di Jakarta yakni dengan pindah Ibu Kota.

Menanggapi, spesialis paru dari RSUP Persahabatan dr Agus Dwi Susanto, SpP mengatakan dari sisi kesehatan lingkungan memang memindahkan orang yang berisiko tinggi dari area berpolutan bisa menjadi solusi pencegahan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko mereka mengalami penyakit jangka panjang.

Hanya saja, terkait pemindahan Ibu Kota, dia menyebut solusi itu hanya menyelesaikan masalah di Jakarta. Padahal masalah polusi udara juga terjadi di banyak kota-kota besar di Indonesia.

"Terkait dengan IKN, ini tentu hal dari pemerintah sebagai upaya untuk mengurangi polusi. Tapi kan mesti diperhatikan polusi ini nggak cuma di Jakarta, ada di Surabaya, Palembang, Bandung," kata dr Agus dalam diskusi daring, Selasa (8/8/2023).

"Artinya pencegahan dengan pemindahan ibu kota hanya menyelesaikan masalah di Jakarta," sambungnya.

Masalah polusi udara adalah hal yang kompleks yang butuh perhatian tidak hanya dari masyarakat namun juga pemerintah. Perlu langkah-langkah konkret yang dilakukan untuk mengurangi paparan polusi udara.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jokowi Singgung Pindah IKN-Atasi Polusi, Dokter Paru Bilang Gini"