Hagia Sophia

19 August 2023

Sudah Pakai Sunscreen Kulit Tetap Gosong? Ini Kata Pakar Kesehatan

Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Viral unggahan seorang netizen yang menyebut, kandungan SPF asli pada sejumlah produk sunscreen sebenarnya tidak setinggi sebagaimana yang tertera pada kemasan. Disinggung oleh sejumlah netizen juga, kulit tetap 'gosong' setelah terkena panas matahari, bahkan dalam kondisi kulit sudah diolesi produk sunscreen tersebut.

Menurut dokter spesialis kulit dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK, SubspOBK, FINSDV, FAADV, kulit memang bisa tetap menggelap setelah dioleskan sunscreen, jika terkena panas matahari. Sebab sebenarnya, sunscreen tidak bisa sepenuhnya mencegah kulit dari paparan sinar UV.

"Kulit menggelap karena sunscreen tidak bisa melindungi semua sinar UV yang kena kulit kita, seringkali juga karena jumlah sunscreen yang dioleskan tidak sesuai dengan standar yaitu untuk area wajah sebanyak 2 ruas jari," terangnya kepada detikcom, Kamis (17/8/2023).

Selain itu, efek proteksi sunscreen pada kulit juga sebenarnya menurun setelah beberapa jam digunakan. Walhasil agar perlindungan pada kulit maksimal, sunscreen perlu digunakan secara berulang.

"Selain itu sunscreen juga hanya bisa bertahan sekitar 3-4 jam, sehingga butuh reapply lagi," ujar dr Darma lebih lanjut.

Sering beredar narasi, SPF yang tinggi membuat sunscreen terasa lebih lengket di kulit. Walhasil beberapa orang percaya, asli atau palsunya tingkat SPF pada kemasan sunscreen bisa dideteksi melalui kelengketan yang terasa saat cairan sunscreen tersebut diaplikasikan ke kulit.

Namun dr Darma meluruskan, kelengketan sunscreen tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat SPF. Penghitungan SPF secara pasti hanya bisa dilakukan menggunakan alat ultraviolet spectophometry.

"SPF umumnya semakin tinggi semakin lengket. Namun tidak bisa dipastikan apakah produk yang lengket berarti SPF tinggi karena lengket tidak hanya ditentukan oleh bahan aktif dalam sunscreen tapi juga ditentukan oleh bahan pembawa lainnya," pungkas dr Darma.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sudah Pakai Sunscreen Kulit Tetap Gosong, Apa Penyebabnya? Dokter Bilang Begini"