Hagia Sophia

19 August 2023

Heboh Video Pasien Hemodialisis Sedang Lomba Makan Kerupuk, Amankah?

Tangkapan layar video viral (Foto: Tangkapan Layar TikTok SS Viral)

Beredar video pasien hemodialisis (HD) atau tengah menjalani prosedur cuci darah tampak asik mengikuti lomba makan kerupuk.

Dalam video yang beredar, terlihat para pasien tengah berbaring sambil didampingi perawat yang mengarahkan kerupuk ke mulut pasien HD agar bisa dikunyah.

Imbas video viral tersebut, tak sedikit netizen yang bertanya-tanya apakah tindakan tersebut tak membahayakan pasien?

Praktisi kesehatan, dr Aru Ariadno, SpPD, mengatakan pada pasien gagal ginjal dengan cuci darah atau hemodialisis memang memiliki keterbatasan soal apa yang dimakan. Namun apabila hanya makan satu biji kerupuk saat lomba, menurutnya aman dilakukan pasien.

"Kalo lihat di video itu makan kerupuk saat hemodialis tidak ada masalah," ucapnya saat dihubungi detikcom, Jumat (18/8/2023).

Hal ini dikarenakan saat pasien menjalani hemodialisis, semua metabolit yang ada di dalam darah dibuang melalui mesin HD.

Sepanjang hemodialisisnya rutin dan tak ada penyulit atau gagal ginjal yang tak terkompensasi, menurut dr Aru lomba tersebut aman dilakukan.

"Pada pasien gagal ginjal dengan cuci darah atau hemodialis memang punya keterbatasan soal apa yang dimakan. Ada batasan baik pilihan makanan dan jumlah cairan yang masuk tubuh," imbuhnya.

"Kalo cuma makan kerupuk yang sebiji saat lomba 17-an saya rasa aman buat pasien gagal ginjal dengan hemodialis," sambungnya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Lomba Makan Kerupuk di Ranjang Hemodialisis RS, Aman Nggak Sih?"