Hagia Sophia

07 September 2023

Amankah Bila Suntik Putih Agar Mirip Artis Korea?

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/maruco)

Memiliki kulit putih dan cerah menjadi salah satu keinginan banyak orang. Bahkan tak sedikit yang akhirnya melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit lebih putih dengan cepat.

Salah satu cara yang dilakukan adalah suntik putih menggunakan zat glutathione. Namun, metode yang dilakukan ini menimbulkan pro dan kontra terkait keamanan dari zat yang digunakan. Sebenarnya apakah aman melakukan suntik putih glutathione?

Dokter spesialis kulit dr Rizky Lendl, SpDVE menjelaskan bahwa glutathione merupakan salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk menghambat kerja enzim tirosinase. Enzim ini berperan dalam pembentukan pigmen kulit.

"Glutathione sebenarnya memang dapat membantu mencerahkan kulit. Namun glutathione versi suntikan sampai saat ini belum disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM)," ucap dr Rizky ketika ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2023).

"Ada penelitian dosis yang diberikan itu 2400 mg per minggu, terus di akhir penelitian hasilnya 30 persen pasien itu mengalami gangguan liver. Jadi kita harus hati-hati dengan bahayanya," sambungnya.

Karena masih belum disetujui oleh BPOM, suntik putih glutathione hingga saat menjadi praktik ilegal untuk dilakukan.

Lebih lanjut, dr Rizky mengatakan bahwa saat ini baru glutathione versi oral yang disetujui oleh BPOM RI. Dalam penelitian yang dilakukan mengonsumsi 500 mg glutathione setiap hari memang terbukti dapat mencerahkan kulit dan cenderung aman.

dr Rizky mengatakan bahwa tren kulit putih di Korea Selatan memang menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang ingin memiliki kulit putih. Ia mengingatkan bahwa kulit yang cantik dan sehat tidak harus selalu putih. Menurutnya standar kecantikan di Korea Selatan tidak harus dijadikan patokan utama.

"Sebetulnya yang perlu diingat bahwa kulit itu yang baik adalah kulit yang sehat, bukan kulit yang putih. Kita kan sering lihat orang gitu kulitnya coklat tapi radian terus glowing," ucapnya.

"Yang terpenting itu adalah kelembapannya dijaga, terus warna kulitnya merata, terus terhidrasi dengan baik, kencang, dan elastis. Jadi tidak harus putih," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ramai-ramai Suntik Putih Biar Mirip Artis Korea, Memangnya Aman Ya?"