Hagia Sophia

07 September 2023

Pakar: Waspadai Gejala Diabetes yang Muncul Pagi Hari

Ilustrasi. Foto: thinkstock

Diabetes atau yang juga sering disebut masyarakat sebagai penyakit gula dipandang sebagai momok mengerikan. Sebab berawal dari kebiasaan sering makan dan minum hidangan manis yang mungkin tak disadari, penyakit ini bisa muncul dan menimbulkan efek fatal yang tak main-main.

Orang yang mengidap diabetes umumnya mengalami gejala berupa kelelahan, mengantuk, penglihatan kabur, atau mudah mengalami infeksi jamur. Keluhan ini kerap didiamkan begitu saja lantaran tak disadari sebagai gejala diabetes. Padahal, penting untuk pengidap diabetes mendapatkan penanganan tepat agar penyakitnya tak terlanjur merusak fungsi tubuh.

Seorang ahli penyakit diabetes Dr R M Anjana mengungkapkan, ada sejumlah gejala diabetes yang muncul di pagi hari, setelah seseorang baru bangun tidur. Di antaranya, berupa kondisi mulut sering kering. Seperti apa penjelasannya?

"Gejalanya akan sepanjang hari. Nah misalnya kalau mau dibilang khusus pagi hari bisa dibilang mungkin buang air kecil banyak, mungkin kalau malam bisa mengganggu tidur lalu bangun dengan mulut agak kering," ungkapnya dikutip dari Hindustan Times, Rabu (6/9/2023).

"Tapi selebihnya sama saja seperti gatal-gatal, capek, lemas, lapar berlebih, haus berlebih, dan ini bisa terjadi siang atau malam, berat badan turun, luka tak kunjung sembuh, gatal-gatal di kemaluan," kata dr Anjana lebih lanjut.

Penyakit diabetes juga memicu gejala berupa gampang lapar, penurunan berat badan yang tak terduga, tangan atau kaki kesemutan, penglihatan kabur, kelelahan, lemah, kulit kering, penyembuhan luka lambat, rasa haus yang ekstrem, banyak buang air kecil terutama di malam hari, lebih banyak infeksi, dan rambut rontok terutama pada diabetes tipe 1.

Pada dasarnya, diabetes adalah kondisi kronis kelainan metabolisme. Pada kondisi ini, tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakannya dengan baik. Akibatnya, kadar gula darah melonjak dan dapat merusak kerja ginjal, kulit, jantung, mata, dan seluruh kondisi fisik secara keseluruhan.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Waspadai Gejala Diabetes yang Muncul di Pagi Hari, Salah Satunya Mulut Kering"