Hagia Sophia

07 September 2023

Karena Penumpang Terserang Diare Parah, Pesawat Terbangpun Harus Putar Balik

Delta Airlines (Foto: (Ed Jones/AFP/Getty Images))

Penerbangan trans atlantik Delta Airlines pada hari Jumat (1/9), terpaksa putar balik gegara salah satu penumpangnya mengalami 'masalah medis' diare parah. Menurut data dari Flightradar24, pesawat itu baru menjalani dua jam penerbangan dari total delapan jam perjalanan dari Atlanta ke Barcelona, Spanyol, ketika memutar balik.

"Ada penumpang yang mengalami diare sepanjang perjalanan di dalam pesawat, jadi mereka ingin kami kembali ke Atlanta," imbuh suara seorang pilot yang mengatakan kepada pengatur lalu lintas udara, yang direkam seseorang dari LiveATC.com, dikutip dari Insider.

Setelah mendarat kembali di Atlanta, pesawat tidak bisa langsung terbang lagi meski penumpang yang mengalami diare telah diturunkan. Pesawat harus dibersihkan lebih dulu karena terdapat kotoran.

Maskapai Delta juga membenarkan jika ada 'masalah medis' yang dialami salah satu penumpangnya, sehingga membuat pesawat tersebut harus kembali ke Atlanta untuk dibersihkan.

Meskipun demikian, Delta tidak menyampaikan secara rinci masalah medis apa yang dimaksud.

"Penerbangan Delta 194 dari Atlanta ke Barcelona kembali ke Atlanta setelah mengalami masalah medis di dalam pesawat," ucap juru bicara Delta Airlines.

"Tim kami bekerja secepat dan seaman mungkin untuk membersihkan pesawat secara menyeluruh dan mengantarkan pelanggan kami ke tujuan akhir mereka. Kami dengan tulus meminta maaf kepada pelanggan kami atas keterlambatan dan ketidaknyamanan pada rencana perjalanan mereka," imbuhnya.

Berdasarkan data Flightradar24, pesawat tersebut mengubah arah setelah dua jam terbang. Saat itu sang pilot mengumumkan kondisi darurat kepada pengatur lalu lintas udara.

Diketahui tidak ada masalah teknik pada pesawat berjenis Airbus A350, seperti terdengar dari transmisi audio antara pilot dan pengatur lalu lintas udara yang direkam seseorang dari LiveATC.com.

Pesawat dengan nomor penerbangan DL194 itu akhirnya baru tiba di Barcelona keesokan harinya atau Sabtu pukul 17.00 waktu setempat. Artinya, pesawat itu mendarat delapan jam lebih lambat dari jadwal seharusnya.

Dari data Flightradar24, Delta Airlines menggunakan pesawat yang sama untuk perjalanan kedua mereka untuk rute Atlanta-Barcelona setelah insiden penumpang diare tersebut.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Pesawat Terpaksa Putar Balik gegara Penumpang Alami Diare Parah"