Hagia Sophia

09 September 2023

Kualifikasi Piala Eropa 2024: Slovakia Kalah dari Portugal 0-1

Foto: REUTERS/DAVID W CERNY

Portugal meraup angka penuh usai mengalahkan Slovakia 1-0 di lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2024. Kemenangan Portugal ditentukan gol Bruno Fernandes.

Slovakia vs Portugal memainkan laga Grup J di Stadion Tehelne pole, Sabtu (9/9/2023) dinihari WIB. Gol tunggal Fernandes tercipta di akhir babak pertama.

Portugal mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal. Namun, Slovakia mendapatkan peluang pertama setelah Ondrej Duda melepaskan umpan kepada Juraj Kucka, yang diteruskan dengan tembakan melenceng.

Slovakia mengancam lagi. Tusukan Robert Polievka dari tengah ke sisi kanan sebelum mengakhiri dengan tembakan meski masih mengarah ke Diogo Costa.

Portugal menciptakan peluang pertamanya di menit ke-17. Bruno Fernandes menguasai bola di tengah kotak penal Slovakia, memutar badannya lalu melakukan tembakan yang sayangnya masih terlalu lemah.

Selanjutnya kedua tim sama-sama mengalami kebuntuan di sepertiga akhir. Slovakia nyaris membuka skor di tiga menit jelang waktu normal turun minum.

Dari sayap kanan, Peter Pekarik mengirim umpan kepada Luka Haraslin di tengah kotak penalti. Dengan satu sentuhan, Haraslin meneruskan dengan tembakan tapi membentur tiang gawang Portugal.

Portugal merespons dengan gol. Bruno Fernandes memecah kebuntuan untuk mengubah skor menjadi 1-0 di menit ke-43. Fernandes melakukan aksi solo dengan menusuk lini pertahanan Slovakia sebelum menyelesaikan dengan sepakan ke arah tiang jauh.

Selepas restart, Slovakia membuang peluang mencetak gol balasan. Diogo Costa sudah terlanjur meninggalkan sarannya, tapi tembakan Ivan Ivanusec ke gawang yang kosong malah melenceng.

Ronaldo membuang sebuah peluang bagus menciptakan gol tambahan. Kerja sama Vitinha dengan Bernardo Silva diakhiri dengan sodoran kepada Ronaldo di tengah kotak penalti.

Sayang sekali, Ronaldo gagal mengontrol bola dengan baik sehingga bergulir ke arah Martin Dubravka. Ronaldo berupaya merebut bola tapi justru sepatunya mengenai wajah Dubravka.

Slovakia melewatkan sebuah peluang emas di menit ke-56. Umpan terobosan Duda dijangkau Ivan Schranz. Diogo Costa menutup pergerakan Schranz sehingga tembakannya melebar tipis dari tiang gawang Portugal.

Melewati 70 menit waktu permainan, Slovakia mendapatkan tendangan bebas. Haraslin melepaskan tendangan dari sisi kanan ke tengah kotak penalti. Milan Skriniar menjauh dari lawan, untuk menyambut bola dengan sundulan. Bola masih melenceng.

Gantian Portugal melewatkan peluang bagus. Bruno Fernandes merebut bola di tepi kotak penalti, bola diteruskan Ronaldo dengan tendangan sepakan dari sudut sempit. Dubravka masih bisa menyelamatkan.

Di sisa waktu permainan, kedua tim beberapa kali saling serang tapi tidak ada gol tambahan. Skor 1-0 untuk keunggulan Portugal bertahan sampai laga selesai.

Portugal masih di puncak klasemen Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan perolehan 15 poin hasil lima laga. Di laga selanjutnya, Portugal akan menghadapi Luksemburg (11/9).

Susunan Pemain

Slovakia: Dubravka, Pekarik, Skriniar, Vavro, Hancko, Kucka (Benes 75'), Lobotka (Hrosovsky 83'), Duda, Haraslin (Duriz 83'), Schranz (Suslov 63'), Polievka (Bozenik 64')

Portugal: Diogo Costa, Joao Cancelo (Semedo 63'), Ruben Dias, Antonio Silva, Dalot, Joao Palhinha, Vitinha (Otavio 63'), Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo, Rafael Leao (Pedro Neto 63')




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Slovakia Vs Portugal: Bruno Fernandes Menangkan Selecao das Quinas"