Hagia Sophia

09 September 2023

Tips Atasi Sembelit Secara Alami dan Mudah di Rumah

Ilustrasi sembelit. Foto: Getty Images/iStockphoto/DrGrounds

Sembelit atau konstipasi tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak.

Arti sembelit sendiri yaitu kesulitan buang air besar. Sebenarnya, kondisi bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala biasanya muncul menyertai penyakit. Bagaimana cara mengatasi sembelit?

Cara Mengatasi Sembelit

Menurut repository Universitas Kristen Maranatha, sembelit merupakan suatu gangguan proses defekasi yang ditandai dengan berkurangnya frekuensi kurang dari tiga kali per minggu. Konsistensi feses keras disertai rasa tidak nyaman dalam pencernaan.

Nah, cara mengatasi sembelit bisa dilakukan dengan berbagai bahan alami. Yuk ketahui apa saja!

1. Minum Banyak Air Putih
Mengutip Medical News Today, meminum air putih dapat mencegah dehidrasi yang menyebabkan sembelit. Saat tubuh kekurangan cairan, sisa makanan dari usu besar menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan.

2. Konsumsi Serat
Untuk mengatasi sembelit, kamu perlu meningkatkan asupan serat. Hal ini karena peningkatan asupan serat dalam tubuh meningkatkan konsistensi buang air besar, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Ada dua jenis serat, serat larut dan tak larut. Serat tidak larut terdapat dalam sayuran dan biji-bijian. Serat jenis ini menambah jumlah besar pada tinja dan dapat membantu tinja keluar lebih cepat dan mudah melalui sistem pencernaan.

Sementara serat larut terdapat pada barley, kacang-kacangan, biji-bijian, buncis, lentil dan kacang polong sera beberapa buah dan sayur. Serat ini menyerap air dan membentuk pasta seperti gel yang melunakkan tinja serta meningkatkan konsistensinya.

Adapun serat larut yang tidak dapat difermentasi adalah psyllium. Ini adalah pilihan yang paling baik untuk mengatasi sembelit.

3. Minum Kopi
Bagi sebagian orang, minum kopi bisa meningkatkan keinginan untuk buang air besar. Hal ini karena kopi merangsang otot-otot sistem pencernaan.

Menurut penelitian, kopi berkafein bisa merangsang usus dengan cara yang sama seperti saat makan. Efeknya 60% lebih kuat dibandingkan dengan minum air putih.

Kopi juga mengandung serat larut dalam jumlah kecil. Kandungan ini dapat membantu mencegah sembelit dengan meningkatkan keseimbangan bakteri usus.

Meski begitu, bagi penderita sindrom iritasi usus besar, kualitas kafein yang merangsang usus mungkin akan dirasakan lebih kuat. Hal ini bisa memperburuk gejalanya.

4. Banyak Olahraga
Olahraga bisa membantu memperbaiki gejala sembelit. Beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk memperbanyak olahraga agar tinja dapat bergerak. Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang hal ini.

Kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti jalan kaki secara teratur, berenang dan bersepeda. Bagi sebagian orang, olahraga berat memperburuk gejala sembelit.

5. Konsumsi Yoghurt
Probiotik adalah bakteri hidup yang secara alam terdapat di usus. Bakteri ini bisa membantu mencegah sembelit kronis.

Salah satu makanan yang mengandung prebiotik adalah Yoghurt. Menurut sebuah studi, mengkonsumsi probiotik selama 2 minggu bisa membantu mengatasi sembelit, meningkatkan frekuensi buang air besar dan konsistensi tinja.

Probiotik juga bisa membantu memproduksi asam lemak rantai pendek. Sehingga dapat meningkatkan pergerakan usus dan memudahkan buang air besar.

6. Makan Buah Plum
Buah plum mengandung serat dan juga sorbitol, gula alkohol yang memiliki efek pencahar. Dosis efektifnya yaitu sekitar tujuh buah plum ukuran sedang dalam dua kali sehari.

7. Batasi Makanan Berlemak Tinggi
Menurut WebMd, makanan berlemak tinggi dapat berkontribusi tinggi pada sembelit. Untuk itu, kamu bisa menghindari keju dan produk dairy lainnya dan juga daging serta makanan yang diproses.

8. Minum Air Lemon
Lemon mengandung asam sitrat yang bisa merangsang sistem pencernaan, sekaligus membantu membersihkan racun dari tubuh. Jadi, air lemon dianggap dapat mengatasi sembelit.

Kamu bisa mengkonsumsinya dengan memeras lemon segar ke dalam segelas air pagi hari atau dicampur dengan segelas teh. American Cancer Society juga merekomendasikan untuk meminum air lemon dengan segelas air hangat untuk mencegah sembelit.

9. Minum Air Jahe
Jahe dapat membantu mempercepat kerja pencernaan yang lambat. Caranya, kupas satu ruas jahe berukuran sedang, lalu cuci sampai bersih. Geprek dan tuang dengan air panas.

10. Minum Ramuan Wortel
Menurut buku Penyembuhan dengan Wortel oleh Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma, wortel berkhasiat sebagai laksatif, yaitu melancarkan buang air besar. Hal ini karena adanya kandungan pektin yang bisa memperlunak feses dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan.

Selain mengatasi sembelit, mengkonsumsi wortel akan menambah berat feses. Sehingga senyawa beracun yang bersifat karsinogen seperti logam berat akan terbawa keluar bersama feses.

Mengutip buku 273 Ramuan Tradisional, adapun cara membuat ramuan wortel untuk mengatasi sembelit yaitu, cuci dua buah wortel sampai bersih, parut, lalu tambahkan dua sendok makan. Setelah itu peras dan tampung airnya dalam gelas. Minum dua kali sehari.

11. Konsumsi Makanan yang Mengandung Prebiotik
Prebiotik merupakan serat karbohidrat yang tak dapat dicerna. Serat prebiotik meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memberi makan bakteri yang menguntungkan di usus

Hal ini dapat meningkatkan probiotik dan meningkatkan keseimbangan bakteri usus, Pada faktanya beberapa probiotik bisa membantu meningkatkan frekuensi buang air besar serta melunakkan tinja. Adapun makanan yang mengandung prebiotik misalnya, bawang putih, daun bawang, buncis dan pisang.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami dengan Mudah di Rumah"