Hagia Sophia

09 September 2023

Ini Jadwal Ballon d'Or Diumumkan

Ballon d'Or. Foto: AFP via Getty Images/FRANCK FIFE

Ballon d'Or 2023 sudah merilis 30 nama pemain sebagai nominasi. Selanjutnya pada akhir Oktober, pengumuman dan seremoni pemenangnya akan dilangsungkan!

Kamis (7/9) dini hari WIB, French Football selaku penyelenggara Ballon d'Or sudah merilis 30 nama pemain sebagai nominasi. Banyak nama pemain top, para pemain muda, tapi tidak ada nama Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi dijagokan, begitu pula Erling Haaland. Para pemain Manchester City mendominasi nominasinya, tak ketinggalan Kylian Mbappe yang masuk lagi namanya di tahun ini.

180 Jurnalis dari berbagai negara akan melakukan voting untuk pemenang Ballon d'or 2023. Mereka akan memberikan peringkat lima pemain teratas, dengan rincian pemain di peringkat pertama akan dapat lima poin, pemain kedua mendapat empat poin, dan seterusnya.

Pemenangnya akan ditentukan lewat total poin terbanyak. Kriteria penilaiannya adalah berdasarkan penampilan sepanjang musim lalu, lalu perolehan trofi. Selain itu, ada jatah untuk ratusan kapten dan pelatih timnas di dunia yang juga ikutan voting.

Tahun 2022 lalu, total terdapat 509 pemilih yang terbagi dalam 169 jurnalis, 170 kapten timnas, dan 170 pelatih timnas.

Kapan Ballon d'or 2023 Diumumkan?

Ballon d'Or 2023 akan diumumkan di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis. Waktunya pada Senin, 30 Oktober pukul 20.00 waktu setempat. Nah kalau menurut waktu Indonesia, itu berarti pengumumannya pada Selasa, 31 Oktober pukul 01.00 WIB dini hari.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Kapan Ballon d'or 2023 Diumumkan?"