Hagia Sophia

09 September 2023

Anak 14 Tahun Tewas Usai Ikut Tantangan 'One Chip Challenge' di TikTok

Tantangan viral 'one chip challenge' makan korban. (Foto: Getty Images/iStockphoto/DronG)

Seorang bocah berusia 14 tahun tewas setelah ikut tantangan viral 'One Chip Challenge' di TikTok. Bocah tersebut dilaporkan mengalami komplikasi setelah mengonsumsi keripik pedas.

One Chip Challenge ini adalah tantangan yang dipopulerkan oleh Paqui, produsen makanan ringan di AS. Keripik ini dibumbui dengan cabai Carolina Reaper dan Naga Viper yang terkenal dengan cabai terpedas di dunia.

Diberitakan NBC News, sang ibu, Lois Wolobah, mengaku mendapat telepon dari sekolah Harris, Doherty Memorial High School. Disebutkan bahwa Harris pingsan setelah memakan keripik Paqui tersebut.

"Ketika saya pergi ke sekolahnya, dia sedang berbaring dan saya berkata, 'keripik apa yang kamu makan?' Dan ini yang dia tunjukkan padaku," kata ibunya sambil mengangkat ponselnya yang bergambar One Chip Challenge 2023 merek Paqui.

Imbas kasus tersebut, Paqui menarik semua keripik super pedas itu dari pasaran. Pihaknya mengatakan 'one chip challenge' hanya ditujukan untuk orang dewasa namun saat ini banyak anak yang mengikuti tantangan tersebut.

Label produk memperingatkan bahwa anak-anak, orang hamil, mereka yang memiliki masalah kesehatan, orang yang sensitif terhadap makanan pedas dan orang yang alergi terhadap paprika, nightshades atau capsaicin (komponen cabai yang membuat pedas) harus menghindari keripik tersebut.

Bahaya One Chip Challenge

Profesor dari Northeastern University dan pakar kebijakan keamanan pangan Darin Detwiler mengatakan meskipun penyebab kematiannya belum dapat ditentukan, bahan kimia yang mengiritasi dalam keripik tersebut diketahui menyebabkan reaksi yang merugikan.

Meskipun reaksi merugikan yang umum terjadi terhadap makanan pedas termasuk memperparah penyakit radang usus dan masalah kandung empedu, konsumsi capsaicin yang berlebihan dapat membuat seseorang berada dalam keadaan seperti syok, dan mereka berpotensi mengalami serangan jantung jika rangsangannya terlalu parah.

Orang yang mengonsumsi produk yang mengandung capsaicin, termasuk keripik tortilla di One Chip Challenge, sering kali mengalami iritasi mulut, nyeri, atau rasa terbakar, serta rasa tidak nyaman pada usus.

Konsumsi capsaicin juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, antara lain nyeri dada, jantung berdebar-debar, bahkan serangan jantung. Capsaicin dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan muntah berulang kali yang dapat menyebabkan kerusakan esofagus yang mengancam jiwa.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ikut Tantangan Viral 'One Chip Challenge' TikTok, Bocah 14 Tahun Berakhir Tewas"