Hagia Sophia

04 September 2023

Liga Inggris: Liverpool Tundukan Aston Villa 3-0

Liverpool kalahkan Aston Villa 3-0 (REUTERS/MOLLY DARLINGTON)

Liverpool meraih kemenangan ketiganya beruntun di awal musim 2023/2024. The Reds baru saja membekuk Aston Villa 3-0.

Pada pertandingan yang digelar di Anfield, Minggu (3/9/2023) malam WIB, dua gol Liverpool dibuat Dominik Szoboszlai dan bunuh diri Matt Cash di babak pertama. Satu gol lain dibikin Mohamed Salah di babak kedua.

Tambahan tiga poin ini membuat Liverpool sementara naik ke posisi ketiga klasemen Liga Inggris dengan 10 poin dari empat laga. Aston Villa di posisi ke-11 dengan enam poin.

Jalannya pertandingan

Liverpool langsung memimpin 1-0 ketika laga baru berjalan dua menit. Korner Trent Alexander-Arnold menemui Dominik Szoboszlai yang bebas di depan kotak penalti.

Dengan kaki kirinya, Szoboszlai mengirimkan bola ke pojok kiri gawang dan Emiliano Martinez cuma terpaku melihatnya.

Gol pertama Liverpool dibuat Dominik Szoboszlai (Foto: AP/Jon Super)

Gol itu membuat Liverpool lebih nyaman menguasai bola dan mengurung pertahanan Villa. Kombinasi Luis Diaz, Mohamed Salah, dan Darwin Nunez merepotkan Villa.

Liverpool menggandakan keunggulan pada menit ke-22 dari serangan cepat yang dibangun dari sisi kanan. Trent memberikan bola kepada Salah yang berlari menuju kotak penalti.

Pemain asal Mesir itu mengirim umpan tarik yang disepak Nunez dan bola sebenarnya mengenai tiang. Sayangnya, rebound membentur Matty Cash sehingga masuk ke gawang sendiri.

Bunuh diri Matty Cash membuat Liverpool memimpin 2-0 (Foto: AP/Jon Super)

Joel Matip punya kans memperbesar skor jadi 3-0 pada menit ke-27 ketika bola free kick Trent disambut tandukannya, meski masih melebar.

Pada menit ke-33, Villa pertama kalinya mengancam Liverpool lewat Moussa Diaby yang merebut bola dari Joe Gomez yang terpeleset. Diaby memberikan bola kepada John McGinn yang muncul dari sisi kiri dan menembaknya ke atas gawang.

Serangan Villa nyaris membahayakan lagi gawang Alisson Becker dari sisi kiri. Lucas Digne melepaskan umpan tarik yang disambut sontekan Ollie Watkins meski masih menyamping.

Semenit kemudian Nunez lolos dari jebakan offside saat mengejar umpan Trent. Dari sudut sempit, Nunez coba mengirim bola ke gawang tapi membentur mistar.

Masuk di babak kedua, Villa coba menggebrak lebih dulu. Hasilnya mereka membuat Alisson berjibaku ketika harus menepis bola tandukan Cash pada menit ke-48 dari jarak dekat.

Semenit setelahnya giliran Nunez yang membuang peluang emas di depan gawang kosong. Tandukannya meneruskan crossing Salah mengarah ke sisi kiri gawang.

Salah! Winger asal Mesir itu membuat keunggulan Liverpool bertambah jadi 3-0 pada menit ke-55. Korner Robertson disundul Nunez ke tiang jauh yang langsung disambar Salah jadi gol.

Mohamed Salah membuat gol ketiga Liverpool (Foto: REUTERS/MOLLY DARLINGTON)

Trent mendapat kans untuk mencetak gol ketika menggiring bola dari tengah lapangan dan mendekati kotak penalti Villa. Dia melepaskan sepakan dari luar yang masih melayang di atas mistar.

Pada menit ke-74, Salah mendapat umpan lambung di sisi kanan dan menyambut dengan sepakan voli yang bisa ditepis Martinez. Dari sana lahir korner yang berujung tendangan Harvey Elliott yang membentur bek dan melebar.

Di sisa 15 menit laga, Liverpool mengendurkan tekanan dan lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah. Tak ada lagi gol tercipta sehingga Liverpool tetap menang 3-0 di akhir laga.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold (Jarell Quansah 71'), Joel Matip, Joe Gomez, Andrew Robertson; Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister (Wataru Endo 86'), Curtis Jones (Harvey Elliott 65'); Mohamed Salah, Darwin Nunez (Cody Gakpo 65'), Luis Diaz (Diogo Jota 65').

Aston Villa: Emiliano Martinez; Ezri Konsa, Diego Carlos (Leon Bailey 19') (Nicolo Zaniolo 65'), Pau Torres; Matty Cash, Boubacar Kamara, Douglas Luiz (Youri Tielemans 72'), Lucas Digne; Moussa Diaby, John McGinn; Ollie Watkins (Jhon DurĂ¡n 73').




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Liverpool Vs Aston Villa: The Reds Gasak The Villans 3-0"