Hagia Sophia

04 September 2023

Bisa Secepat Inikah COVID-19 Varian Pirola Menularnya?

Foto: Getty Images/loops7

Dunia kembali digegerkan dengan munculnya varian baru COVID-19 bernama 'Pirola' atau BA.2.86. Pasalnya, varian ini memiliki jumlah mutasi paling banyak dibandingkan varian-varian Corona lainnya, yakni sebanyak 35 mutasi.

Di samping tingkat penularannya, sejumlah ahli juga menyoroti risiko varian Corona baru ini memiliki kemampuan yang besar untuk kabur dari perlindungan vaksin COVID-19 maupun infeksi virus Corona secara alamiah.

Juga disebut sebagai BA.2.86, Pirola adalah varian virus corona jenis Omicron yang sangat bermutasi, yang muncul pada tahun 2021 dan menyebabkan lonjakan kasus dan kematian akibat COVID-19. Hal ini juga berkaitan dengan risiko terjadinya lagi gelombang COVID-19, akibat varian Pirola.

"Ketika Omicron menyerang pada musim dingin tahun 2021, terjadi peningkatan besar dalam kasus COVID-19 karena sangat berbeda dari varian Delta, dan ia menghindari kekebalan baik dari infeksi alami maupun vaksinasi," kata spesialis penyakit menular dr Scott Roberts. dalam buletin Yale Medicine dikutip dri New York Post, Minggu (3/9/2023).

"Jumlah mutasi yang begitu tinggi sungguh luar biasa. Saat kami beralih dari XBB.1.5 ke EG.5, mungkin ada satu atau dua mutasi. Namun pergeseran besar-besaran ini, yang juga kita lihat dari Delta ke Omicron, sangat mengkhawatirkan," ujarnya lebih lanjut.

Sembari ia menambahkan, sampai saat ini belum ada informasi pasti perihal dampak dari varian Pirola. Namun, penelitian tengah berlangsung.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), varian Pirola awalnya terdeteksi di Israel dan kemudian diidentifikasi di Kanada, Denmark, Inggris, Afrika Selatan, Swedia, Norwegia, Swiss, dan Thailand. Namun, CDC belum membeberkan tingkat keparahan gejala yang muncul pada pasien COVID-19 dengan infeksi varian Pirola.

"Masih terlalu dini untuk mengetahui apakah varian ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan varian sebelumnya," ungkap CDC.

"CDC memantau dengan cermat tingkat rawat inap untuk mengidentifikasi potensi sinyal awal bahwa varian BA.2.86 menyebabkan penyakit yang lebih parah," pungkasnya.

Seorang pendiri klinik pengujian COVID-19 di London, Gabriela Brewer, mengungkapkan ada empat tanda penting yang harus diwaspadai sebagai gejala Pirola:
  • Demam tinggi
  • Batuk
  • Dingin
  • Hilangnya indera penciuman atau indera rasa
"Setelah Anda mengidentifikasi tanda-tanda ini dan ingin memastikannya, Anda harus melakukan tes antigen atau PCR," ungkap Brewer dikutip dari Express.co.uk.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Yang Dikhawatirkan Pakar soal COVID Varian Pirola, Bisa Secepat Ini Menularnya"