Hagia Sophia

04 September 2023

Liga Italia: Inter Milan Kalahkan Fiorentina 4-0

Lautaro Martinez dua gol, Inter Milan menang 4-0 atas Fiorentina (REUTERS/MASSIMO PINCA)

Inter Milan masih menjaga start sempurnanya di Liga Italia 2023/2024. Nerazzurri membekap Fiorentina 4-0 lewat sepasang gol Lautaro Martinez.

Pada pertandingan yang digelar di Giuseppe Meazza, Minggu (3/9/2023) malam WIB, Inter cuma bikin satu gol di babak pertama lewat Marcus Thuram. Lautaro membuat dua golnya di babak kedua, yang sempat diselingi penalti Hakan Calhanoglu.

Tiga poin ini membuat Inter kukuh di puncak klasemen Serie A dengan sembilan poin dari tiga laga, bikin delapan gol, dan belum kebobolan. Fiorentina di posisi kedelapan dengan empat poin.

Jalannya Pertandingan

Fiorentina mengambil inisiatif serangan lebih awal dan Inter membiarkan penguasaan bola di tangan tim tamu. Peluang pertama diciptakan Inter lewat tandukan Marcus Thuram pada menit ke-11 yang tepat di tangkapan Oliver Christensen.

Thuram akhirnya bisa membuka keunggulan timnya pada menit ke-23 ketika menanduk bola crossing Federico Dimarco dari sisi kiri. Tandukannya di depan gawang tak kuasa dihalau Christensen.

Gol pembuka dari Marcus Thuram (Foto: AP/Antonio Calanni)

Gol itu membuat Inter lebih nyaman dalam melakukan serangan. Satu kans didapat Thuram pada menit ke-30 saat menyontek umpan tarik Alessandro Bastoni tapi bola masih melayang.

Thuram membuang peluang lagi di masa injury time babak pertama saat menyambut umpan silang Dumfries di depan gawang, meski bola sepakannya melayang. Skor 1-0 mengirim kedua tim memasuki ruang ganti.

Masuk di babak kedua, Inter langsung menggebrak. Denzel Dumfries nyaris bikin gol pada menit ke-50 ketika mendapat umpan tarik Bastoni di tiang jauh, meski sepakannya menerpa tiang.

Tiga menit berselang, dari serangan balik cepat, Inter menggandakan skor jadi 2-0. Thuram dari sisi kanan mengirimkan umpan daerah ke Lautaro yang berdiri bebas di kotak penalti dan sukses menaklukkan Christensen dari jarak dekat.

Lautaro Martinez membuat skor jadi 2-0 (Foto: REUTERS/MASSIMO PINCA)

Inter semakin nyaman menguasai pertandingan dan terus menekan Fiorentina. Tanpa penyelamatan-penyelamatan Christensen, Fiorentina bisa saja kebobolan lebih banyak.

Inter mendapat penalti pada menit ke-58 saat Christensen melanggar Thuram dalam kemelut di depan gawang. Penalti diambil Hakan Calhanoglu dan sukses mengecoh Christensen untuk membuat skor 3-0.

Hakan Calhanoglu membuat gol ketiga dari titik putih. (Foto: REUTERS/MASSIMO PINCA)

Lautaro kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-73 untuk membuat Inter memimpin 2-0. Pemain pengganti Juan Cuadrado mengirim umpan silang ke kotak penalti dan Lautaro dengan mudah menyepaknya ke gawang.

Di 15 menit terakhir, Inter mengendurkan tekanan dan membiarkan Fiorentina menguasai bola selama mungkin. Skor 4-0 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Inter Milan: Yann Sommer; Matteo Darmian, Stefan de Vrij, Alessandro Bastoni; Denzel Dumfries (Juan Cuadrado 70'), Nicolo Barella (Davide Frattesi 59'), Hakan Calhanoglu (Kristjan Asllani 78'), Henrikh Mkhitaryan, Federico Dimarco (Carlos Augusto 70'); Marcus Thuram (Marko Arnautovic 70'), Lautaro Martinez.

Fiorentina: Oliver Christensen; Dodo, Nikola Milenkovic, Luca Ranieri, Cristiano Biraghi; Arthur (Lorenzo Amatucci 75'), Rolando Mandragora; Nicolas Gonzalez (Gino Infantino 55'), Giacomo Bonaventura (Josip Brekalo 55'), Christian Kouame (Riccardo Sottil 45'); Lucas Beltran (M'Bala Nzola 45').




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Inter Vs Fiorentina: Lautaro Dua Gol, Nerazzurri Menang 4-0"