Hagia Sophia

04 September 2023

Penampilan Suku Vadoma yang Miliki Kaki Mirip Burung Unta

Suku Vadoma yang memiliki kaki seperti burung unta. (Foto: Wikimedia Commons)

Suku Doma atau dikenal suku Vadoma di Zimbabwe, Afrika, kerap kali dijuluki sebagai 'manusia burung unta' karena kaki mereka yang aneh. Adapun kondisi ini dikenal ectrodactyly.

Ectrodactyly juga dikenal sebagai sindrom kaki dua atau sindrom cakar lobster. Sindrom ini merupakan kelainan genetik langka yang memengaruhi pertumbuhan kaki dan menyebabkan kaki tampak mirip dengan kaki burung unta.

Dipercaya bahwa mutasi yang langka tersebut terjadi pada sekitar satu dari setiap empat anak yang lahir dalam suku Vadoma. Sebagian besar anggota suku Doma kehilangan tiga jari kaki tengahnya dan hanya memiliki dua jari kaki luar, yang kemudian berubah menjadi bengkok.

Suku Vadoma mengidap kelainan langka hingga memiliki kaki seperti burung unta. Foto: Wikimedia Commons

Adapun kelainan yang langka ini disebabkan oleh kondisi dominan autosomal yang diakibatkan oleh mutasi tunggal pada kromosom 7.

Uniknya, anggota suku Doma menganggap kelainan yang terjadi secara turun-temurun pada kaki mereka itu bukan sebuah kecacatan. Mereka malah dengan bangga dengan jati diri mereka dan menganggap mutasi ini sebagai status lebih baik daripada suku lain di daerah Kayemba, Zimbabwe.

Karena bentuk jari-jari kaki yang 'aneh', mereka tidak bisa memakai sepatu, tetapi mereka dapat berlari walaupun mengalami kesulitan. Mereka juga bisa memanjat pohon meskipun hanya memiliki dua jari kaki.

Meski memiliki cacat fisik dan keterbatasan, ini tak menjadi halangan bagi mereka untuk beraktivitas dan tetap aktif berburu, memancing, hingga mengumpulkan makanan.

Di samping itu, Penduduk Vadoma tidak diperbolehkan menikah di luar kelompok mereka. Dikutip dari Daily Star, hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran kondisi tersebut di suku lain. Karena aturan ini, suku Vadoma memiliki sejarah inces atau perkawinan sedarah.

Hal mengakibatkan akumulasi gen yang tidak beragam, pada akhirnya menyebabkan munculnya cacat fisik atau kondisi genetik langka.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Begini Penampakan Suku di Afrika yang Terlahir Punya Kaki Bak Burung Unta"