Hagia Sophia

04 September 2023

Liga Italia: Empoli Kalah dari Juventus 0-2

Juventus mencuri tiga angka dari tuan rumah Empoli usai menang 2-0 (Foto: Twitter @juventusfc)

Juventus kembali ke jalur kemenangan. Bertandang ke markas Empoli, Bianconeri mengantongi tiga poin usai memetik kemenangan dengan skor akhir 2-0.

Laga Serie A antara Empoli vs Juventus digelar di Stadion Carlo Castellani, Senin (4/9/2023) dinihari WIB. Kemenangan Juve ditentukan oleh gol-gol dari Danilo dan Federico Chiesa di masing-masing babak.

Dengan hasil ini, si Nyonya Tua melanjutkan tren tidak terkalahkan sejak awal musim. Pada pertandingan sebelumnya, Juve ditahan Bologna 1-1.

Juventus kini menempati peringkat ketiga klasemen Liga Italia sementara usai mengumpulkan tujuh poin. Juve terpaut dua angka dari Inter Milan dan AC Milan yang sama-sama mendulang sembilan poin.

Sementara itu Empoli terkubur di dasar klasemen. Tim berjuluk Gli Azzurri itu sama sekali belum mendapatkan angka alias nol.

Jalannya Pertandingan

Gol Juventus gawang Empoli pada menit ke-10 dianulir wasit. Danilo dianggap melanggar kiper Etrit Berisha lebih dulu saat menyambut bola sepak pojok.

Juventus kembali mengancam Empoli setelah sepak pojok diamankan Berisha. Fabio Miretti menyambut bola liar dengan tendangan voli ke kotak penalti yang disundul Dusan Vlahovic. Bola masih melebar.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-25. Juventus akhirnya membuka skor untuk mengungguli Empoli 1-0.

Berawal dari sepak pojok di sayap kanan, bola jatuh di tengah kotak penalti sehingga menciptakan kemelut. Danilo menyelesaikan dengan tembakan mendatar yang melewati sela-sela kaki lawan sebelum bersarang di gawang Berisha.

Juventus dihadiahi penalti setelah Federico Gatti diterjang Youssef Maleh. Sayang sekali, keunggulan Juventus urung bertambah usai tendangan penalti Vlahovic ditangkis Berisha. Vlahovic berupaya menyambar bola tapi gagal karena si kiper buru-buru mengamankan.

Selepas restart, Juventus menciptakan sebuah peluang bagus di menit ke-59. Federico Chiesa melewati penjagaan lawan sebelum melepaskan tembakan melengkung ke arah tiang jauh. Bola melebar tipis.

Setelahnya gol Juventus ke gawang Empoli kembali dianulir. Tendangan voli Paul Pogba memang menembus gawang tim tuan rumah, tapi dibatalkan karena Vlahovic yang memberi umpan lebih dulu berada dalam posisi offside.

GOL! Juventus akhirnya mencetak gol keduanya di menit ke-82. Chiesa mengukir namanya di papan skor melalui proses yang cantik.

Umpan terobosan Arkadiusz Milik membebaskan Chiesa di depan. Chiesa sempat jatuh setelah mengecoh Berisha, tapi buru-buru bangkit sebelum menyelesaikan dengan tendangan mendatar. Upaya lini belakang Empoli untuk melakukan intersepsi menjadi sia-sia.

Juventus mengungguli Empoli 2-0 di menit ke-82.

Milik nyaris mencetak gol ketiga Juventus di injury time. Sundulan Milik menyambut bola hasil sepak pojok melambung, bergulir menghantam mistar gawang Empoli.

Pemain pengganti Moise Kean melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola meluncur mengenai tiang gawang Empoli sebelum berhasil diamankan.

Susunan Pemain

Empoli: Berisha, Bereszynski, Luperto, Pezzella, Wallukiewicz, Marin (Kovalenko 72'), Maleh, Baldanzi (Cancellieri 61'), Fazzini, Caputo (Destro 72'), Cambiaghi (Gyasi 83')

Juventus: Mattia Perin, Danilo, Bremer, Gatti, Kostic (Cambiasso 71'), Rabiot, Locatelli, McKennie (Weah 84'), Miretti (Pogba 62'), Vlahovic (Milik 71'), Chiesa (Kean 83')





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Empoli Vs Juventus: Bianconeri Menang 2-0"