Hagia Sophia

04 September 2023

Para Kepala Negara yang Akan ke Jakarta untuk Hadiri KTT ASEAN

Foto: ASEAN (REUTERS/Edgar Su)

KTT ke-43 ASEAN akan digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada 5-7 September 2023. Kepala negara dan perwakilan dari 22 negara akan hadir dalam konferensi internasional tersebut.

"Hampir semua (datang). Ada presiden, ada perdana menteri, ada wakil presiden, lengkap semuanya," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (1/9).

Kepala negara dari negara mitra yang hadir di KTT ASEAN di antaranya Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris, Perdana Menteri (PM) China Li Qiang, PM Jepang Fumio Kishida, PM Kanada Justin Trudeau, hingga Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. Sedangkan Presiden Rusia Vladimir Putin diwakili Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

"Wakil Presiden (AS), Perdana Menteri (Jepang) Insya Allah," kata Retno.

"Tapi sekali lagi saya bicara per detik ini, saya tidak bisa mengonfirmasikan penuh sampai di titik beliaunya hadir," imbuh dia.

Sebagai informasi, ada 22 negara dan 9 organisasi internasional yang akan hadir di KTT ASEAN. 22 negara tersebut terdiri dari 11 negara anggota ASEAN, termasuk Timor Leste, yang akan diwakili oleh Perdana Menteri Xanana Gusmao. Kemudian sembilan negara mitra yakni Korea Selatan, Jepang, India, China, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, Amerika Serikat (AS).

KTT ASEAN ini juga dihadiri dua negara undangan, yaitu Bangladesh, yang saat ini menjadi Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cook Islands, yang merupakan Ketua Pacific Island Forum (PIF).

"Ini adalah penerjemahan pendekatan inklusif terhadap ASEAN Outlook on Indo-Pacific. Dan akan ada kerja sama yang ditandatangani antara Sekretariat ASEAN dan Sekretariat PIF dan IORA. Oleh karena itu, selain Ketua PIF dan Ketua IORA, maka Sekjen PIF dan Sekjen IORA, yang berarti akan ada 2 organisasi lainnya, juga akan datang," kata Retno dalam keterangan tertulis, Senin (28/8).

Retno mengatakan KTT ASEAN ini juga akan dihadiri IMF dan Bank Dunia (World Bank). Hadir pula dua organisasi internasional observer pada pertemuan ASEAN Plus Three: ASEAN+3 Macroeconomics Research Office (AMRO) dan Trilateral Cooperation Secretariat (TCS).

"Satu organisasi internasional mitra komprehensif ASEAN, yaitu PBB, yang delegasinya akan dipimpin oleh Sekjen PBB. Selain itu, ada founder dan CEO World Trade Forum," katanya.

Retno melanjutkan, di KTT ASEAN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga direncanakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara. Pertemuan itu di antaranya dengan Kanada, Jepang, Korea Selatan, hingga China.

"Banyak banget ya, 13 aku lupa. dengan Kanada, Jepang, Korea, China, terus ini permintaannya masih banyak, ada IMF minta, dengan Sekjen PBB minta, Australia," tutur Retno.




























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Daftar Kepala Negara yang Akan Hadiri KTT ASEAN di Jakarta"