Hagia Sophia

05 September 2023

Tips Tumbuhkan Rambut dengan Cara Alami

Foto: Thinkstock

Rambutmu tipis dan mudah rontok? Sudah lakukan perawatan dengan berbagai produk rambut tapi belum juga tumbuh? Kalau begitu, detikers mungkin bisa coba cara menumbuhkan rambut secara cepat dengan menggunakan bahan alami.

Bahan alami diyakini mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan baik dan dikenal aman untuk digunakan secara rutin. Karena itu, sebagian orang lebih memilih bahan alami untuk merawat rambut mereka.

Meski begitu, laman Vogue menjelaskan bahwa bahan alami tidak selalu berarti lebih baik dari produk yang mengandung kimia. Ada beberapa bahan alami yang benar layak dan efektif untuk menumbuhkan serta merawat rambut, misalnya minyak camelia yang telah digunakan sebagai perawatan rambut dan kulit kepala di kawasan Asia selama beberapa generasi.

Tapi perlu diingat pula, tidak ada ramuan atau bahan alami yang dapat menghasilkan pertumbuhan rambut secara instan. Semuanya membutuhkan waktu dan kekonsistenan.

Philip Kingsley, seorang ahli trikologi, menyebutkan minimal perlu 6-9 minggu untuk melihat hasil dan perubahan nyata pada pertumbuhan rambut. Ini disebabkan oleh laju pertumbuhan tiap orang berbeda. Tapi umumnya, rambut bertambah sekitar 1,3 cm dalam sebulan.

Selain menggunakan bahan alami, faktor genetika dan gaya hidup juga berperan dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut. Karenanya, jaga pola hidup sehat detikers.

Lantas, bagaimana cara menumbuhkan dengan cepat? Apa saja bahan alami yang digunakan? Simak pembahasan berikut ini, ya.

Cara Menumbuhkan Rambut Secara Cepat dengan Bahan Alami

Dikutip dari laman Healthline, berikut sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan menumbuhkan rambut:

1. Minyak Camelia
Seperti penjelasan sebelumnya, minyak bunga camelia dipakai untuk perawatan rambut dan kulit kepala selama beberapa generasi di Asia. Dan efektivitas bahan ini telah memiliki bukti pendukungnya.

Kandungan dalam minyak camelia yang bersifat antioksidan inilah yang menetralisir radikal bebas untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat dan kuat. Gunakan minyak bunga camelia sebagai kondisioner setelah keramas memakai sampo untuk menumbuhkan rambut.

2. Lidah Buaya
Aloe vera atau lidah buaya telah lama digunakan pula untuk mengatasi rambut rontok. Bahan ini juga mampu menenangkan kulit kepala, mengkondisikan rambut yang rusak, mengurangi ketombe, dan membuka sumbatan folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh minyak berlebih.

Sebagai perawatan menumbuhkan rambut, oleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut sebanyak 3 kali dalam seminggu. Kamu bisa juga gunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

3. Minyak Kelapa
Minyak kelapa mengandung asam lemak dikenal dengan asam laurat yang mampu menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi hilangnya protein dari rambut. Minyak ini juga terbukti dapat melumasi batang rambut dan mencegah kerusakan.

Gunakan minyak kelapa sebelum atau sesudah keramas tergantung jenis rambut yang detikers miliki. Bila rambutmu cenderung berminyak, lakukan perawatan bahan ini tanpa bilas semalaman atau diamkan selama beberapa jam sebelum keramas sambil dipijatkan ke kulit kepala dan seluruh rambut. Jika rambutmu kering, gunakan minyak ini sebagai perawatan tanpa bilas.

4. Air Sari Bawang Merah
Beberapa bawang merah yang dihaluskan dan diambil air sarinya bisa dimanfaatkan sebagai perawatan menumbuhkan rambut. Jus bawang merah ini terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengobati alopecia areata yang tidak merata.

Untuk menggunakannya, oleskan sari bawang merah ke kulit kepala dan rambut, lalu biarkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas dan lanjutkan memakai sampo.

5. Minyak Rosemary
Minyak rosemary sudah dikenal mampu merangsang pertumbuhan rambut dan bisa kurangi kerontokan. Dengan mencampurkan 3 tetes minyak rosemary ke argan oil atau jojoba oil, detikers kemudian bisa pijatkan bahan ini ke rambut dan kulit kepala. Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.

Atau kamu dapat pula menambahkan 3 tetes minyak rosemary ke sampo dan kondisioner setiap hari. Perlu digarisbawahi, hindari pemakaian minyak esensial secara langsung ke kulit. Karenanya, campurkan dengan sampo atau minyak bawaan lain.

6. Minyak Geranium
Minyak geranium diekstrak dari daun tanaman geranium. Minyak ini bisa digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak geranium juga dapat bantu memperkuat, melembapkan, dan memulihkan rambut.

Campurkan 3 tetes minyak geranium dengan 8 tetes argan oil atau jojoba oil, kemudian oleskan langsung ke rambutmu. Detikers dapat pula menambahkan 3 tetes minyak ini ke sampo atau kondisioner.

7. Air Perasan Lemon
Air perasan lemon terbukti mampu tingkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Tak hanya itu minyak esensial lemon juga bantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

Oleskan jus lemon segar ke kulit kepala dan rambut sebelum keramas selama 15 menit. Kamu bisa juga gunakan minyak lemon dengan mencampurkannya dengan argan oil atau jojoba oil sebagai masker rambut.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat, Pakai Bahan Alami Ini"