Hagia Sophia

05 September 2023

Polusi Udara Bukan dari Kendaraan, Ini Bukti dari Kemenperin

Polusi udara di DKI Jakarta. (Foto: Andhika Prasetia)

Pemicu polusi tinggi Jabodetabek menurut Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tidak semata-mata berasal dari transportasi. Hal ini disebutkan lantaran kualitas udara DKI Jakarta dan sekitarnya masih berada di level merah alias tidak sehat meski intensitas kendaraan jauh lebih sedikit.

Misalnya, tren yang terjadi di akhir pekan. Menurut Kemenperin, indeks kualitas udara di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, hingga Depok pada Sabtu (2/9/2023) berada di angka 168 dengan konsentrasi particulate matter (PM) 2,5 mencapai 19,3 kali lipat dari pedoman aman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tren tersebut mengacu pada laporan situs IQAair pada pagi hari hingga pukul 11:00 WIB, terburuk sepanjang Agustus 2023.

"Kualitas udara di hari Sabtu ini menunjukkan bahwa level emisi di udara ambien tetap tinggi pada saat jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi lebih sedikit," ujar Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif, dalam rilis resminya, dikutip Senin (4/9/2023).

"Hal ini menandakan perlunya dikaji lebih dalam apakah kendaraan bermotor merupakan penyumbang terbesar polusi udara. Diperkirakan ada faktor lain di luar transportasi yang menyebabkan kualitas udara di akhir pekan cukup buruk, sama dengan di hari kerja," sambungnya.

Respons Kemenperin menyusul pasca data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjukkan polusi udara akibat kendaraan sebesar 44 persen. Sumber lainnya dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap di angka 34 persen.

Karenanya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini tengah menggencarkan uji emisi kendaraan, terutama usia di atas 3 tahun dengan bantuan Polda Metro Jaya. Hal ini juga disinggung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga ditunjuk sebagai koordinator penanganan polusi udara.

"Sekarang kita sudah tahu, kendaraan itu, transportasi itu penyebab yang parah, karena emisi segala macam mobil motor itu. Nah itu kita percepat proses EV (Electric Vehicle)," ujar Luhut di Istana Negara, Jumat (1/9/2023).




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kemenperin Beberkan Bukti Polusi Udara Jabodetabek Bukan dari Kendaraan"