Hagia Sophia

05 September 2023

Kabar Terkini Tentang Bayi yang Tertukar di RS Bogor

Foto: iStock

Penyerahan bayi tertukar di Bogor akan diserahkan ke orang tua biologis akhir bulan ini. Jelang penyerahan itu proses bonding dilakukan orang tua.

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor melakukan asesmen pada dua bayi tertukar di RS Sentosa sebelum dilakukan transisi ke ortu biologis. Dinsos Kabupaten Bogor mengungkap kedua bayi tersebut baik.

"Alhamdulillah (kondisi bayi) sehat semua, baik semua," kata Kadinsos Kabupaten Bogor Mustakim saat dihubungi, Kamis (31/8/2023).

"Kalau secara psikologis berbicara baik dan tidak harus ada yang ahli menangani itu. Tapi secara kasatmata, keduanya baik secara fisik maupun psikologis mereka dalam kondisi baik karena sudah setahun. Alhamdulillah bagus semuanya," ungkapnya.

Kondisi kedua orang tua bayi juga dalam keadaan baik. Mustakim mengatakan tugas Dinsos memberi pendampingan dalam asesmen. Sejauh ini, dalam pendampingannya, kedua bayi masih dalam kondisi baik.

"Baik, sama-sama mereka dalam hal pemberian kasih sayangnya sama-sama bagus untuk kedua-duanya. Tugas kita itu pendampingan melalui yang namanya asesmen. Dalam tahapan asesmen, kita fokus pada kedua bayi ini. Setelah kita cek dari Senin sampai hari Rabu kemarin, kondisinya kondusif untuk kedua belah pihak," jelasnya.

Keluarga Bayi Tertukar Bakal Jalani Bonding

Masa transisi bayi tertukar ke orang tua biologis di Bogor masih berlanjut. Kedua keluarga hari ini menjalani bonding time di Polres Bogor hari ini.

"Lebih ke kayak kebiasaan-kebiasaan anak, jadi yang di saya seperti apa, yang di Bu Siti seperti apa. Jadi penyesuaian, jadi nggak kaget. Karena takutnya kalau langsung seperti yang saya lakukan, kaget," kata Dian, salah satu orang tua yang bayinya tertukar, Senin (4/9/2023).

"Jadi pelan-pelan dikasih tahu, Bu Siti kebiasaannya adek di sana seperti apa, di saya seperti apa," sambungnya.

Dian mengungkap kedua bayi sudah mau digendong orang tua biologis masing-masing. Namun hal itu dilakukan secara sendiri.

"Kalau digendong mau, asal jangan ada misalnya saya sama anak saya, kalau ada Bu Sitinya pasti maunya ke Bu Siti," ungkapnya.

Dian mengungkapkan akan menjadwalkan bonding berikutnya. Nantinya, bonding akan didampingi oleh petugas Dinas Sosial (Dinsos).

"Nanti paling kita janjian sih langsung sama Bu Siti. Paling nanti kasih tau ke Dinsos, kita mau janjian kapan, gitu," tuturnya.




























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Kabar Terbaru Bayi Tertukar: Bonding Time hingga soal Ganti Nama"