Hagia Sophia

27 November 2023

Rumor Putin Meninggal Kembali Muncul, Jenazahnya Disimpan di Freezer

Vladimir Putin. Foto: Sputnik/Alexander Kazakov/Kremlin via REUTERS/ File Photo

Kabar perihal kondisi kesehatan Presiden Rusia, Vladimir Putin, terus-menerus beredar. Setelah sebelumnya Putin sempat dikabarkan menderita kanker stadium akhir, kini muncul narasi yang menyebut Putin terkena serangan jantung dan ditemukan kejang-kejang oleh petugas keamanan di kamar tidur pribadinya.

Kabar tersebut bermula bulan lalu, tersebar melalui saluran Telegram yang kontroversial. Namun kini, kabar tersebut telah dibantah keras oleh Kremlin.

Tak berakhir di situ, muncul juga rumor yang menyebut Putin telah meninggal. "Mayatnya ditempatkan di lemari es, yang sebelumnya berisi makanan beku," bunyi dalam narasi tersebut, dikutip dari Mirror News UK, Minggu (26/11/2023).

Lagi-lagi, kabar tersebut dibantah oleh Kremlin. Ditegaskannya, Putin masih hidup dan hanya ada satu Putin yang kini menjabat sebagai presiden. Artinya, tidak ada 'kembaran' yang menggantikan sosok Putin yang terlihat saat ini,

'Mayat di freezer'

Pada Oktober 2023, setelah beredar kabar Putin meninggal, sempat beredar narasi yang menyebut jenazah Putin diduga disimpan di lemari es. Hal itu diungkapkan oleh saluran Telegram yang secara teratur menuduh Putin menderita kanker stadium akhir.

"Mayat Putin ditempatkan di lemari es, yang sebelumnya berisi makanan beku, di kediaman presiden di Valdai," bunyi saluran tersebut.

Lebih lanjut, saluran tersebut menyebut bahwa pembantu senior tengah mempersiapkan badan ganda untuk mengambil alih jabatan presiden Rusia. Namun, Kremlin telah membantah tudingan tersebut dan mencapnya 'tidak masuk akal'.

Sempat Disebut Kena Gagal Jantung

Sebelum beredar kabar 'kematian' Putin bulan lalu, saluran Telegram menuduh Putin menderita 'serangan jantung' di kediamannya di Moskow pada 22 Oktober 2023. Mereka menyebut, Putin ditemukan tergeletak di lantai di samping meja makanan yang terbalik. Putn sempat dibawa ke ruangan terdekat yang dilengkapi fasilitas medis tempat ia diberikan CPR.

"Dokter melakukan resusitasi, setelah sebelumnya menetapkan bahwa presiden mengalami serangan jantung. Bantuan diberikan tepat waktu, jantungnya dihidupkan dan Putin sadar kembali," ujar saluran tersebut seraya menyebut, kunjungan sosok 'Putin' ke luar negeri beberapa waktu terakhir sebenarnya digantikan oleh peran pengganti.

"Saya dapat memberitahu Anda bahwa tidak ada pekerjaan ganda dalam hal pekerjaan dan sebagainya," tutur Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov membantah kabar tersebut.

"Dia (Putin) baik-baik saja. Ini tidak lebih dari sekedar desas-desus. (Kabar) ini termasuk dalam kategori berita palsu, dibahas dengan kegigihan yang patut ditiru oleh sejumlah media," sambungnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Beredar Rumor Putin Meninggal Dunia, Mayatnya Disebut Disimpan Dalam Freezer"