Hagia Sophia

26 November 2023

Ditemukan di Dasar Laut Guatemala, Gunung Setinggi Dua Kali Burj Khalifa

Ilmuwan Temukan Gunung dengan Tinggi 2 Kali Burj Khalifa Tersembunyi di Bawah Laut Guatemala. Foto: IFL Science

Saat memetakan dasar laut di kedalaman Pasifik, para peneliti menemukan gunung bawah laut yang belum pernah dilihat sebelumnya. Tingginya dua kali Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia.

Gunung bawah laut kolosal ini ditemukan menggunakan multibeam echosounder Schmidt Ocean Institute dan penelitian kapal eksplorasi Falkor selama ekspedisi baru-baru ini di lepas pantai Guatemala menuju East Pacific Rise.

Terletak sekitar 2.400 meter di bawah permukaan laut, gunung bawah laut ini memiliki tinggi lebih dari 1.600 meter, setara dengan tiga Empire State Building dan mencakup area seluas 14 kilometer persegi.

Penemuan gunung bawah laut ini merupakan berita menggembirakan karena berbagai alasan. Di lautan terbuka luas, mereka berfungsi sebagai pusat keanekaragaman hayati , menyediakan permukaan bagi karang laut dalam, bunga karang, ikan, cephalopoda , dan krustasea.

Hal ini juga menunjukkan betapa masih sedikitnya wilayah laut yang telah kita jelajahi.
"Dalam setiap ekspedisi, mereka yang berada di atas kapal Falkor menemukan hal-hal yang tidak terduga, menakjubkan, dan baru.

Meskipun banyak hal yang telah kita pahami seiring dengan semakin cepatnya penemuan ditemukan, masih banyak hal yang belum diketahui di samudra kita. Dan kami sangat bersemangat untuk terus melakukan eksplorasi," kata Wendy Schmidt, salah satu pendiri dan presiden Schmidt Ocean Institute dikutip dari IFL Science.

"Gunung laut setinggi lebih dari 1,5 kilometer yang hingga saat ini tersembunyi di bawah gelombang benar-benar menyoroti betapa banyak hal yang belum kita temukan," tambah Dr Jyotika Virmani, direktur eksekutif Schmidt Ocean Institute.

Sejak tahun 2013, Schmidt Ocean Institute telah memetakan 1,44 juta kilometer persegi dasar laut, membuat hampir 25% peta dasar laut pada resolusi 100 meter atau lebih tinggi. Pada akhir dekade ini, mereka berharap dapat memetakan keseluruhan dasar laut, yang seluruhnya mencapai luas 360 juta kilometer persegi.

Seiring berjalannya waktu, para peneliti pasti akan menemukan banyak sekali gunung laut besar lainnya. Perkiraan berbasis satelit baru-baru ini menunjukkan ada lebih dari 100 ribu gunung bawah laut yang belum dijelajahi dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter. Masing-masing gunung tersebut mungkin menyimpan keanekaragaman hayati yang tak terhitung jumlahnya.

Beberapa dari gunung-gunung yang dalam ini mungkin benar-benar raksasa. Secara teknis, gunung tertinggi di Bumi adalah gunung bawah laut: Mauna Kea di Hawai, gunung berapi aktif yang tingginya lebih dari 10.210 meter, diukur dari dasarnya di dasar laut, 5.486 meter di bawah permukaan air . Sebagai perbandingan, Gunung Everest relatif 'kecil' dengan ketinggian 8.848 meter.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Gunung dengan Tinggi 2 Kali Burj Khalifa Tersembunyi di Bawah Laut Guatemala"