Hagia Sophia

27 November 2023

Liga Inggris: Tottenham Kalah dari Aston Villa 1-2

Foto: AP/Kirsty Wigglesworth

Aston Villa berhasil meraih kemenangan 2-1 di kandang Tottenham Hotspur. Kemenangan ini membawa The Villains menembus empat besar.

Tottenham menjamu Aston Villa di Tottenham Hotspur Stadium pada laga lanjutan Liga Inggris, Minggu (26/11). Tottenham bisa unggul lebih dulu di menit ke-22 lewat Giovani Lo Celso.

Sesaat sebelum jeda, keunggulan The Lilywhites ini lenyap akibat gol dari Pau Torres di menit ke-45+7.

Villa kemudian bisa berbalik memimpin di babak kedua. Gol Olie Watkins membuat The Villains unggul 2-1.

Pasukan Unai Emery bisa mempertahankan keunggulan hingga laga tuntas. Hasil ini membawa Villa ke peringkat keempat menggusur Spurs.

Villa mengumpulkan 28 poin sama dengan Liverpool di peringkat ketiga. Sementara, Tottenham turun ke peringkat kelima dengan 26 poin.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah tampil menekan di awal laga. Tottenham hampir unggul cepat di menit ketiga. Namun, tembakan Dejan Kulusevski masih menerpa tiang.

Ancaman kembali ditebar Tottenham di menit ke-8. Umpan back pass Kulusevski membebaskan Bryan Gil.

Tembakan Gil dari sisi kiri kotak penalti juga belum membuahkan hasil. Ini terjadi karena bola dengan gemilang bisa ditepis Emiliano Martinez.

Gol!!! Terus menekan, Tottenham akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-22. Sepak pojok Pedro Porro mengarah ke Giovani Lo Celso yang berdiri di depan kotak penalti. Lo Celso langsung melepas sepakan keras yang tak kuasa dibendung Martinez.

Aston Villa berusaha merespon cepat gol Tottenham tersebut. Mereka bisa langsung membalas beberapa saat kemudian lewat Ollie Watkins memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri.

Namun, gol ini harus dianulir usai wasit meninjau VAR. Keputusan tersebut diambil karena Watkins lebih dulu berada dalam posisi offside.

Tottenham kembali bisa mendominasi laga setelahnya. Kulusevski sempat mencoba mengancam lewat tembakan jarak jauh. Usahanya tapi masih melebar.

Pada menit ke-44, Son Heung-min melaju sendiri untuk kemudian melepas tembakan ke pojok kiri gawang Villa. Gol ini kemudian juga anulir karena Son offside.

Gol!!! Menjelang turun minum, Tottenham justru harus kecolongan. Umpan panjang dari tendangan bebas bisa ditanduk Pau Torres untuk memperdayai Guiglielmo Vicario pada menit 45+7.

Skor 1-1 mengakhiri babak pertama.

Selepas jeda, duel berlangsung sengit dengan kedua tim saling bertukar serangan. Villa punya peluang lewat aksi Leon Bailey. Tembakannya dari luar kotak penalti bisa dengan baik diredam oleh Vicario.

Tottenham giliran yang mengancam dari tembakan Son yang masih mengarah tepat dipelukan Martinez. Son kemudian sempat mencetak gol usai menerima sodoran bola dari Brennan Johnson. Gol ini tapi kembali dianulir karena offside.

Gol!!! Villa bisa berbalik memimpin di menit ke-61. Kerja sama apik Watkins dan Youri Tielemans membongkar lini pertahanan Tottenham. Tendangan mendatar Watkins bersarang ke pojok gawang Vicario.

Martinez tampil luar biasa membendung serangan Tottenham yang memburu gol penyama kedudukan. Ia secara beruntun membendung tembakan Johnson dan usaha jarak jauh Pierre-Emelie Hojbjerg.

Son bisa menggetarkan jala Villa di menit ke-85 menyambar bola muntah sepakan Porro yang membentur tiang. Golnya lagi-lagi dianulir karena offside.

Tottenham terus menggempur lini pertahanan Villa di sisa laga. Namun, usaha mereka mencetak gol penyama kedudukan tak membuahkan hasil.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Guglielmo Vicario; Pedro Porro, Emerson Royal, Ben Davies, Destiny Udogie; Rodrigo Bentancur, Giovani Lo Celso; Bryan Gil, Dejan Kulusevski, Brennan Johnson; Son Heung-Min.

Aston Villa: Emiliano Martinez; Ezri Konsa, Diego Carlos, Pau Torres, Lucas Digne; Matty Cash, Boubacar Kamara, Douglas Luiz, John McGinn; Moussa Diaby, Ollie Watkins.



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Tottenham Vs Villa: Menang 2-1, The Villains Tembus Empat Besar"