Hagia Sophia

28 November 2023

Wanita Ini Awalnya Mengira Sakit Lambung Biasa Ternyata Kena Gagal Ginjal

Viral wanita mengidap gagal ginjal kronis. (Foto: TikTok/@@sidabutarvee)

Viral seorang wanita di Medan membagikan kisahnya saat mengalami gagal ginjal kronis. Melalui akun TikTok pribadinya, wanita bernama Veronika Sidabutar (30) ini tidak menyangka dirinya bisa mengidap penyakit tersebut. Terlebih, Veronika mengaku sangat menjaga asupan makanan maupun minuman.

"Saya nggak suka junk food apalagi kayak daging, saya memang agak susah makan daging termasuk daging ayam," kata Veronika Sidabutar kepada detikcom, Sabtu (25/11/2023).

"Untuk minuman bersoda ataupun manis saya juga nggak suka," imbuhnya.

Veronika Sidabutar yang kerap disapa Vero ini, mengaku bahkan sudah cukup banyak mengonsumsi air putih dalam sehari, sekitar 1 setengah sampai 2 liter.

Meski cukup selektif dalam hal makanan dan minuman, wanita yang sebelumnya bekerja sebagai staf di salah satu perusahaan kontraktor ini memiliki kebiasaan begadang semasa kuliah. Lalu, saat masuk ke dunia kerja ia kerap mengonsumsi kolagen selama setahun dan terbiasa minum obat pereda nyeri setiap mengalami sakit kepala.

"Kalau di klinik kan kita berobat kan selalu terpantau. Kemudian setelah itu dari klinik bawa obat-obatan dan di luar itu pun kadang saya sering minum obat sakit kepala dari warung," jelas Veronika Sidabutar yang kerap disapa Vero.

Menurut dokter yang menangani vero, peradangan ginjal yang disebabkan karena obat-obatan tersebut menjadi penyebab utama dirinya mengidap gagal ginjal kronis ini. Sebelum akhirnya dinyatakan terkena gagal ginjal, Vero sempat menduga ia terkena penyakit lambung karena merasakan gejala mual muntah tak tertahankan.

"Satu minggu di rumah sakit, sampai ke bagian dalam diperiksa ternyata fungsi ginjal tinggal 20 persen lagi," katanya.

Vero didiagnosa terkena gagal ginjal kronis di tahun lalu, tepatnya Juni 2022. Sebelum itu, ia benar-benar tidak merasakan gejala khusus yang mengarah ke penyakit tersebut. Hanya saja bobot tubuhnya mengalami kenaikan dan ia sering buang air kecil di tengah malam.

Selain itu, Vero juga mengalami pembengkakan di bagian mata serta kedua kakinya secara bergantian muncul memar biru keunguan.

"Kalau pegal di badan itu ada, cuma nggak kayak pasien lain yang bener-bener ada rasa sakit di pinggangnya gitu. Aku pegal, cuma nggak terlalu," tandasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Gejala Wanita Medan Kena Gagal Ginjal, Dikira Sakit Lambung gegara Sering Mual"