Hagia Sophia

28 November 2023

Beberapa Obat Kurap Alami yang Mudah Ditemui

Ilustrasi gatal akibat kurap. Foto: thinkstock

Kurap merupakan infeksi jamur yang menyebabkan ruam pada kulit. Gejalanya berupa bercak merah, bersisik dan melingkar pada kulit.

Penyakit kulit ini menular melalui kontak dengan orang atau melalui barang yang dipakai bersama seperti handuk, pakaian dan sepatu. Apa saja obat alami untuk kurap?

8 Obat Kurap Alami

Mulai dari cuka sari apel, lidah buaya hingga kayu manis bisa mengobati kurap yang bikin gatal secara alami. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel merupakan obat alami yang efektif dalam melawan kurap. Mengutip Emoha, cuka ini mengandung sifat antijamur yang bisa membunuh jamur penyebab kurap, serta membantu meredakan rasa gatal dan iritasi akibat infeksi.

Adapun cara mengobati kurap dengan cuka sari apel yaitu:
  • Rendam bola kapas dalam cuka
  • Oleskan ke area kurap
  • Lakukan 2-3 kali sehari hingga infeksinya hilang.
2. Bawang Putih
Bawang putih merupakan agen antivirus, antijamur dan antibakteri yang dapat mengobati berbagai infeksi, termasuk kurap. Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan gatal dan iritasi yang berhubungan dengan kurap.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati kurap adalah:
  • Hancurkan beberapa siung bawang putih
  • Oleskan ke area kurap.
3. Minyak Kelapa
Minyak kelapa mengandung banyak khasiat penyembuhan dan efektif dalam melawan infeksi jamur, seperti kurap. Sifat antijamur dan antiinflamasi dari minyak kelapa membantu menenangkan kulit serta mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu, minyak kelapa juga mempunyai sifat melembabkan, sehingga membantu mencegah kulit menjadi terlalu kering dan iritasi. Untuk mengatasi kurap dengan minyak kelapa yaitu, cukup oleskan ke area yang terkena kurap beberapa kali sehari.

4. Kunyit
Rempah-rempah yang satu ini sudah digunakan di India sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit. Kurkumin dalam kunyit mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat.

Cara mengaplikasikan kunyit untuk mengobati kurap yaitu:
  • Campur bubuk kunyit dengan air
  • Oleskan ke area yang terkena kurap
  • Cuci setelah 30 menit.
Kamu juga bisa meminumnya dengan mencampurkan satu sendok kunyit dengan ai atau susu. Minum dua kali sehari.

5. Lidah Buaya
Mengutip Medical News Today, lidah buaya mengandung enam zat antiseptik yang menurut riset menunjukkan aktivitas antijamur, antibakteri dan antivirus. Sehingga, gel dari tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati kurap.

Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke bagian kurap tiga atau empat kali sehari. Gel lidah buaya juga memiliki sifat mendinginkan, sehingga bisa meredakan kulit gatal dan bengkak.

6. Minyak Lavender
Minyak lavender adalah minyak esensial dengan banyak manfaat. Minyak ini bisa membantu menyembuhkan luka ringan, eksim, psoriasis hingga kurap.

Sifat antijamur, antibakteri dan antiinflamasinya membuat minyak lavender menjadi obat yang efektif untuk kurap. Adapun cara mengobati kurap dengan minyak lavender yaitu campurkan beberapa tetes minyak ini dengan minyak kelapa atau minyak jojoba. Kemudian oleskan ke area yang terkena kura.

7. Minyak Oregano
Minyak oregano merupakan minyak yang berasal dari tanaman oregano. Minyak ini memiliki sifat antijamur dan antimikroba, sehingga efektif dalam mengobati kurap, serta membantu meredakan gatal dan iritasi karena kurap. Cara pengobatannya hampir sama dengan minyak lavender, yaitu:
  • Campurkan beberapa tetes minyak oregano dengan minyak kelapa atau minyak zaitun
  • Oleskan ke area yang terkena kurap
  • Ulangi beberapa kali sehari hingga kurap hilang.
8. Kayu Manis
Kayu manis dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan antimikrobanya.Jika dioleskan ke area yang terkena kurap, kayu manis bisa membantu meredakan rasa gatal dan iritasinya.

Kayu manis juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dengan membunuh spora jamur. Cara menggunakan kayu manis untuk mengobati kurap adalah:
  • Campurkan satu sendok teh kayu manis bubuk dengan dua sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa
  • Oleskan ke area kurap
  • Biarkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk hingga kering
  • Ulangi 2-3 kali sehari hingga infeksi hilang.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Obat Kurap Alami yang Mudah Ditemui, Bawang Putih hingga Lidah Buaya"