Hagia Sophia

28 November 2023

Kondisi Terkini Wanita Muda Asal Medan yang Idap Gagal Ginjal Kronis

Kisah wanita di Medang mengidap gagal ginjal kronis. (Foto: TikTok/@@sidabutarvee)

Viral seorang wanita bernama Veronika Sidabutar (30) di Medan menceritakan bagaimana kisahnya mengidap gagal ginjal kronis. Sebelumnya ia mengaku mengalami gejala tak biasa berupa cegukan selama dua hari tidak berhenti ketika sebelum tidur.

Karena merasakan gejala yang aneh pada tubuhnya, ia memutuskan untuk pergi ke dokter. Setelahnya ia dirawat selama seminggu lantaran mengalami gejala mual dan muntah terus menerus.

"Kemudian setiap cegukan dimulai dengan mual muntah, apa yang masuk dimuntahkan, termasuk kalau minum air. Muntah terus lah sampai keluar darah, mungkin ada luka di dalam kan," ceritanya pada detikcom, Senin (27/11/2023).

Setelah menjalani berbagai prosedur medis, diketahui bahwa fungsi ginjalnya sisa 20 persen. Dokter menuturkan bahwa kemungkinan kondisi tersebut diakibatkan oleh kebiasaan mengonsumsi obat-obatan yang dimiliki Vero sejak dulu. Obat-obatan tersebut akhirnya membuat ginjal Vero mengalami peradangan.

Vero menuturkan bahwa sedari kuliah ia sering begadang dan mengalami demam, serta sakit kepala. Untuk mengatasi hal tersebut, ia sering mengonsumsi obat-obatan dari dokter maupun warung.

"Kalau di klinik kan kita berobat kan selalu terpantau. Kemudian setelah itu dari klinik bawa obat-obatan dan di luar itu pun kadang saya sering minum obat sakit kepala ya dari warung. Itu tuh karena nggak tahan sama rasa sakitnya, apalagi setelah Omicron. Jadi sering sakit kepala," imbuhnya.

Hingga saat ini Vero masih menjalani perawatan untuk menangani kondisinya. Ia masih terus menjalani cuci darah dua kali seminggu dan menunggu transplantasi ginjal yang akan dilakukan minggu depan.

"Sekarang gampang capek jadi nggak banyak bisa melakukan aktivitas. Kemudian kaki bengkak jadi ngga bisa banyak bergerak atau jalan jauh," kata Vero.

"Terus efek dari cuci darah ini banyak bisa buat gatal-gatal, insomnia, terus kerusakan saraf sih saya sempat mengalaminya. Kayak kalau kita ngomong susah mulutnya. Setiap orang beda-beda sebenarnya, teman-teman lain ada kok yang nggak mengalami itu," tambahnya.

Vero menuturkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang ia hindari selama menjalani prosedur cuci darah. Beberapa di antaranya adalah makanan tinggi garam, daging olahan, daging merah, hingga junk food dan makanan instan.

"Jadi perbanyak sayur dan buah-buahan, karena itu bisa merangsang sel-sel ginjal lagi. Minuman tinggi gula itu pantangan, kemudian minuman bersoda, dan minuman yang berwarna," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini Viral Wanita Muda 30-an di Medan Idap Gagal Ginjal Kronis"